preloader

Pengertian Momentum dan Impuls

momentum dan impuls

Halo sobat cerdas guru ahli, “Dengan Momentum Hari Kemerdekaan, Kita Tingkatkan Kembali Rasa Nasionalisme Generasi Muda” Kalimat yang serupa dengan ini sering kita jumpai tertulis di spanduk-spanduk kegiatan sekolah. Bingung gak?, saya terus terang bingung dengan arti momentum di tulisan tersebut karna saya bukan ahli bahasa, Tapi, kalo di fisika sepertinya bisa kita bahas sedikit nih. Sekarang coba bayangin, misalnya ada bocil (anak-anak) naik sepeda roda tiga, terus oleng sedikit, terus mau nabrak kita, terus kita ngomel-ngomel, terus bocahnya nangis, terus emaknya bales ngomel-ngomel, Eh Kok terus melulu yah? OK kita ganti bahasanya…

Ilustrasi Gambar

Misalnya ada anak kecil yang sedang mengendarai sepeda roda tiga, kemudian akan menabrak kita, tentu kita akan menghindar, tapi tidak terlalu panik, kenapa? Karena kita tahu, jika sepeda tersebut memang menabrak kita, kita gampang berhentiin nya. Beda halnya jika misalnya ada truk tanah yang terlihat mau menabrak tembok (Kok bukan nabrak kita? Pikir aja sendiri). Maka sulit banget kita untuk menghentikannya, (AUTO PANIK kan…)

Tingkat kesulitan menghentikan dua peristiwa itu, ternyata bergantung pada dua hal, yaitu kecepatan benda dan massa benda yang bergerak tersebut. Di dalam fisika fenomena ini dibahas dalam konsep MOMENTUM. Momentum itu apa, atau … apa itu momentum?

Ilustrasi Gambar

Momentum termasuk besaran vektor, adalah tingkat kesulitan sebuah benda untuk dihentikan, atau ada juga yang menyebutkan bahwa momentum itu adalah kuantitas gerak, Kok kuantitas? Karena momentum itu ada nilainya, yaitu :

P = m . v

Yang berarti,besarnya momentum sebuah benda yang bergerak bergantung pada massa dan kecepatannya. Semakin besar massa benda yang bergerak semakin besar momentumnya dan sebailknya. Semakin besar kecepatannya semakin besar juga momentumnya dan sebaliknya. Nah sekarang jadi paham ya bedanya sepeda dan truk ketika mau nabrak sesuatu, tabrakan dalam fisika disebut dengan tumbukan.

Hukum Kekekalan Momentum

Baiklah.. Aku mau tanya serius nih sama kamu, ada gak yang bisa nandingin kekekalan nya hubungan kita? Pasti ada ya.. kalo di fisika ada yang namanya Hukum Kekekalan Momentum, bunyinya begini… jika ada dua buah benda saling bertumbukan secara sentral, maka total momentum kedua benda nilainya tetap, maksudnya jumlah momentum kedua benda sesaat sebelum tumbukan nilainya sama dengan jumlah momentum kedua benda sesaat setelah tumbukan. Hukum ini dirumuskan dengan

P1 + P2 = P1’ + P2’

Atau

m1 . v1 + m2 . v2  = m1 . v1’ + m2 . v2’

Syaratnya jika dalam peristiwa tersebut tidak ada gaya luar lain yang bekerja pada sistem, contoh gaya luar itu antara lain gaya gesekan, gaya hambat udara.

IMPULS

Sekarang coba kita bayangin lagi ya…, kalo sepeda bocil (Anak-anak) tadi gak jadi nabrak kita, tapi dia nabrak bola di dekat situ yang lagi diam, kira-kira gimana tuh? Kemungkinannya bola itu akan bergerak kan? Nah abis itu bolanya punya kecepatan donk…, kalo ada kecepatan pasti bola nya punya momentum, betul gak? Jika ada benda yang awalnya diam kemudian bergerak, berarti dia mengalami perubahan momentum,perubahan momentum itu disebut dengan IMPULS.

I = D P

I = m . (v’ –  v)

Nah impuls disini menghasilkan gaya (F) yang menyebabkan bola bergerak.Dengan kata lain impuls bisa diterjemahkan sebagai bentuk perkalian gaya terhadap selang waktu sentuh sepeda dengan bola.

I = F . Dt

Persamaan di atas bisa diceritakan seperti ini, jika sebuah benda mengalami gaya selama selang waktu tertentu, maka benda tersebut dikenai impuls, akibatnya benda tersebut mengalami perubahan momentum.

Nah sekian pembahasan terkait Pengertian Momentum dan Impuls, jika kalian ada pertanyaan ataupun saran dan masukan, Kalian juga bisa tinggalin jejak pada kolom komentar bawah ini ya. Jangan lupa buat follow blog ini Guruahli.id dan sampai ketemu lagi pada pembahasan berikutnya ya Semoga ini bisa membantu Terima Kasih.

Baca Juga Artiket Terkait :

Hukum I Newton

Pengertian Momentum dan Impuls

Zat Aditif dan Adiktif

Tekanan

Gerak Lurus Beraturan

ada saran dan masukan silahkan 👉📩 Email Guru Ahli  dev.guruahli@gmail.com

Website  https://guruahli.id/

Redaksi : May Panji

Ikut Virtual Bootcamp Guru Ahli dari Sekarang untuk Hadapi SBMPTN 2023!

Member Of Guru Ahli

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *