preloader

Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu yang Suka Bersosialisasi

Setelah membahas berbagai jurusan yang berhubungan dengan seni di sini, sekarang saatnya kita membahas berbagai jurusan di ranah ilmu sosial. Yup, sesuai dengan namanya, jurusan ilmu sosial cocok untuk kamu yang suka bersosialisasi dengan orang lain atau mempelajari perilaku sosial masyarakat pada umumnya. Lantas, apa aja sih jurusannya?

  1. Sosiologi
    Jurusan satu ini mempelajari interaksi, hubungan, struktur dan karakter masyarakat. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari berbagai fenomena sosial yang terjadi dari berbagai macam aspek (politik, pembangungan, lingkungan, hingga militer). Jika kamu senang dengan berbagai studi sosial itu dan memperkaya ilmu dengan terjun langsung di tengah masyarakat, kamu bisa memilih jurusan ini. Lulusan jurusan ini bisa bekerja menjadi social worker, event/community organizer, aktivis, guru/dosen, researcher, dan reporter/jurnalis.
  2. Ilmu Komunikasi
    Jurusan ilmu komunikasi mempelajari berbagai hal yang menyangkut teknik komunikasi, atau proses penyampaian pesan dari pemberi pesan ke penerima pesan melalui berbagai media (langsung maupun tidak langsung). Selain itu, jurusan ini juga mempelajari proses publisitas/periklanan karena termasuk ke dalam sarana komunikasi juga. Seorang ‘anak komunikasi’ akan dituntut untuk menguasai kemampuan berbicara di depan umum, menulis, hingga menganalisa sebuah pesan. Berbagai pekerjaan yang bisa cocok untuk lulusan jurusan ini yaitu jurnalis/reporter, public relation (PR), penyiar, pembaca berita atau bisa juga masuk dunia advertising dan marketing.
  3. Hubungan Internasional
    Pernah bercita-cita menjadi seorang diplomat atau bahkan anggota organisasi internasional yang berperan langsung dengan hubungan antar negara? Jurusan hubungan internasional pilihannya! Kamu akan mempelajari berbagai fenomena masyarakat internasional, komunikasi dan kerjasama antar negara, hingga masalah lingkungan secara global. Karena itu, kamu juga dituntut untuk menguasai bahasa inggris atau beberapa bahasa negara lain untuk dijadikan sebagai poin plus di dunia kerja nanti.
  4. Ilmu Hukum
    Hukum termasuk ke dalam kelompok ilmu sosial karena pengaplikasiannya memang ditujukan langsung untuk masyarakat dan negara. Pekerjaan atau karir yang tersedia meliputi hakim, pengacara, jaksa, politisi, juga notaris.

Sesungguhnya, masih ada banyak sekali jurusan yang berkaitan dengan studi sosial, namun jurusan-jurusan yang disebutkan di atas adalah yang paling umum diketahui dan diminati. Jika kamu berminat untuk masuk jurusan tersebut di perguruan tinggi negeri impian, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sejak sekarang ya! Yuk gabung dengan Guru Ahli biar SBMPTN 2023 nanti bisa lancar, lihat info selengkapnya di artikel ini atau kunjungi Instagram @guruahliofficial.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *