preloader

Ini Daftar Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Suka Seni!

Sobat Cerdas, siapa di antara kamu yang sangat menyukai seni? Menurut kamu, apakah kesukaanmu pada seni hanya bisa dijadikan hobi atau bisa juga dijadikan sebagai sarana dalam berkarir dan berprestasi? Kabar baik bagi kamu karena ada banyak sekali bidang yang bisa kamu geluti dalam kesenian! Selain itu, ada banyak juga jurusan kuliah yang berhubungan dengan kesenian untuk mendukung kamu dalam mengembangkan karir di masa depan.

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni:

  1. Desain Grafis
    Jurusan ini mempelajari konsep, bentuk, komposisi serta elemen-elemen grafis dalam gambar atau visual. Tidak heran jika jurusan ini menjadi yang pertama kali muncul di kepala mereka yang menyukai seni visual atau menggambar secara digital maupun non digital, ketika memilih jurusan kuliah. Selain bisa menjadi sarana dalam menyalurkan hobi, jurusan ini pun mempunyai prospek yang baik untuk karir di masa mendatang. Pekerjaan graphic designer bahkan menjadi salah satu yang paling dibutuhkan di era komunikasi digital seperti sekarang. Hasil desain grafis biasanya berupa logo, poster, banner, brosur, hingga key visual dalam sebuah creative campaign, serta postingan di media sosial.
  2. Fashion Design
    Fashion akan selalu menjadi bagian dari seni, entah dalam memadupadankan busana atau merancang busana itu sendiri. Karena pada dasarnya, semua hal yang mengutamakan keindahan dan keunikan dalam suatu karya adalah seni. Jurusan fashion design cocok bagi kamu yang ingin menjadi seorang fashion designer, fashion stylist, hingga fashion consultant/specialist.
  3. Arsitektur
    Seperti desain grafis, jurusan ini juga merancang gambar. Bedanya, gambar tersebut dikhususkan dan direalisasikan untuk berbagai jenis bangunan. Rumah yang kita tinggali dan gedung-gedung yang kita lihat di perkotaan semuanya adalah rancangan seorang arsitek. Selain mempelajari seni dalam merancang, jurusan ini juga mempelajari teknik dan perhitungan yang dibutuhkan guna mendirikan bangunan yang kokoh. Jadi, bisa dibilang jurusan arsitektur adalah penggabungan dari ilmu seni dan ilmu teknik, bukan hanya salah satunya.
  4. Seni Rupa
    Jurusan yang tidak boleh kelewatan dibahas dalam daftar ini adalah seni rupa. Sesuai dengan namanya, seni rupa adalah jurusan yang mempelajari berbagai seni yang memiliki bentuk atau rupa. Kamu akan belajar bagaimana berekspresi dalam seni maupun menginterpretasikan seni seperti lukisan, pahatan, kerajinan, dan sebagainya. Setelah lulus, kamu bisa memilih untuk berkarya sendiri atau bahkan menjadi dosen/guru hingga kurator seni.
  5. Seni Tari dan Seni Musik
    Kedua jurusan ini cocok untuk kamu yang mempunyai passion di bidang musik, entah dalam menciptakan musik, memainkan musik, atau menari dengan musik. Peluang kerjanya meliputi dosen/guru tari atau musik, pencipta lagu, coreographer, hingga menjadi musisi itu sendiri.
  6. Tata Rias dan Kecantikan
    Ternyata seni itu banyak jenisnya, ya! Tata rias atau make-up pun termasuk ke dalam seni. Bedanya, bukan menggambar di alat atau kanvas, tapi di wajah seseorang untuk menjadikannya terlihat cantik maupun unik. Kamu bisa menyeriuskan passion seni rias untuk menjadi seorang penata rias profesional, make-up artist, hingga seseorang yang berperan penting dalam produksi sebuah film atau pemotretan yang membutuhkan make-up rumit. Semua itu dipelajari di jurusan ini.
  7. Tata Boga
    Memasak makanan yang lezat dan menghiasnya dengan cantik juga termasuk seni. Bukan hanya bakat semata, seorang chef profesional juga bisa mempelajarinya di perkuliahan tata boga. Cocok untuk kamu yang memang hobi memasak dan “berseni” dengan makanan!

Nah, demikianlah berbagai jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni dan bisa kamu sesuaikan dengan passion kamu sendiri. Jurusan-jurusan ini umum tersedia di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia loh! Jika kamu sudah memutuskan mau masuk jurusan tertentu dan menargetkan perguruan tinggi negeri tertentu, jangan lupa untuk belajar dengan giat agar bisa masuk ke kampus idaman kamu, ya. Belajarnya bisa dengan Guru Ahli yang membuka program khusus pelatihan SBMPTN 2023 agar bisa belajar intensif dari sekarang. Yuk daftar segera!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *