preloader

Tips Mengerjakan Soal SBMPTN 2022

Hai Sobat Cerdas, sebelumnya kita sudah membahas tentang kisi-kisi & perkiraan jumlah soal SBMPTN 2022, sekarang kita simak yuk tips menghadapi alias mengerjakan soal SBMPTN 2022 nanti!

Jika kamu ingin lulus SBMPTN sekarang dan tidak mau mengulang tahun depan, penting banget buat kamu untuk memikirkan strategi khusus. Berikut ini Guru Ahli kasih tips-tipsnya yaaa!

1. Banyak Berlatih Soal-Soal TPS (Logika)

Selain soal-soal ilmu pengetahuan (IPA/IPS), tahun ini akan ada lebih banyak soal-soal TPS (Tes Potensial Skolastik) atau soal-soal yang mengetes kemampuan logika. Jadi, pastikan kamu banyak berlatih untuk tipe-tipe soal seperti ini ya! Kamu bisa mencari contoh soal di internet dan mengerjakannya sebaik mungkin. Setelah mengerjakan soal, jangan lupa untuk melihat dan memahami pembahasan soal dengan seksama agar kamu bisa mengerti dasarnya dan tidak mendapatkan masalah atau kaget ketika menemui soal yang serupa nanti.

2. Skimming Pada Soal

Seperti yang kita ketahui, salah satu “tantangan” dalam menghadapi SBMPTN adalah menyelesaikannya dengan tepat waktu. Dengan waktu yang sudah ditentukan, pastikan kamu dapat mengerjakan dan menjawab soal dengan baik dan benar. Salah satu trik untuk menjawab soal dengan cepat adalah melakukan skimming: mengerjakan dan menyelesaikan soal yang menurutmu mudah terlebih dahulu, dibanding menghabiskan waktu mencari jawaban atas soal yang sulit. Setelah kamu sudah menyelesaikan soal-soal mudah, kamu bisa lanjut ke soal-soal yang lebih sulit agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Beri Batas Waktu Mengerjakan Soal

Agar semua soal bisa terselesaikan dengan baik, penting bagi kamu untuk memerhatikan waktu yang ada. Misal, jika kamu mempunyai waktu 120 menit dan jumlah soal yang tersedia adalah 40 soal, bearti kamu mempunyai waktu 3 menit untuk mengerjakan setiap soal. Mengira waktu seperti ini berguna agar kamu tidak terlambat menyelesaikan semua soal.

4. Gunakan Intuisimu

Jika kamu menemui soal yang sangat sulit dan tidak tahu bagaimana cara menjawabnya, jangan biarkan soal tersebut tidak terjawab atau memilih jawaban asal. Kamu bisa menggunakan intuisimu atau tetap berpikir menggunakan logikamu tentang mana jawaban yang paling “tepat”.

5. Berdoa dan Belajar dengan Giat

Yang paling penting dari semuanya adalah berdoa dan belajar dengan giat sebelum ujian. Ikuti bimbel online khusus SBMPTN dari yang bisa diandalkan seperti Guru Ahli agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan maksimal. Lagi ada promo menarik paket latihan SBMPTN yang terjangkau buat kamu lho! Buruan cek di laman depan website sekarang!

Related Post

1 Comment

  • […] penilaian soal ini terdengar menakutkan, tapi sesungguhnya bisa jadi menguntungkan jika kamu tahu strategi menjawab soalnya. Kamu juga bisa bernapas sedikit lebih lega karena tidak ada sistem pengurangan nilai untuk jawaban […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *