preloader

Kisi-Kisi & Jumlah Soal SBMPTN 2022

Sobat Cerdas, SBMPTN 2022 tinggal hitungan hari lagi nih! Apa aja yang udah kamu persiapkan untuk berjuang mendapatkan kursi di perguruan tinggi negeri impianmu? Selain belajar dengan giat, sudahkah kamu melirik kisi-kisi hingga mencari tahu jumlah soal yang mungkin ada dalam SBMPTN 2022 nanti?

Berdasarkan sosialisasi terbaru dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) terkait pelaksanaan test-nya, berikut ini apa-apa saja yang perlu kamu tahu dan persiapkan terkait soal SBMPTN 2022 nanti:

1. Tes Potensial Skolastik (TPS)

Secara bahasa, “skolastik” berarti sistem logika. Segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan atau penalaran umum maupun kemampuan memahami ilmu-ilmu dasar. Materi ini meliputi:

  • Kemampuan Penalaran Umum,
  • Kemampuan Kuantitatif,
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

2. Bahasa Inggris

Zaman sekarang ini, bahasa Inggris bisa dibilang merupakan ilmu dasar yang harus dipahami dan selalu muncul dalam setiap tes seleksi, tidak terkecuali dalam SBMPTN. Setiap tahun, soal Bahasa Inggris pasti akan selalu muncul, yang membedakan dengan tahun ini adalah kini tes ini tidak masuk dalam TPS lagi. Dengan tipe soal yang lebih mirip dengan TOEFL, terdiri dari kemampuan listening, reading, hingga writing.

3. Tes Kemampuan Akademik (TPA)

TPA adalah ilmu khusus yang sudah familiar sejak SMA, dengan fokus yang dibagi menjadi dua yaitu TKA Saintek (Matematika IPA, Fisika, Biologi dan Kimia) dan TKA Soshum (Sejarah, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi).

Nah demikianlah penjelasan mengenai soal-soal yang mungkin ada dalam SBMPTN 2022 nanti, untuk jumlah soalnya sendiri di antaranya:

A. Jumlah Soal TPS UTBK 2022

NoMateriJumlah Soal
1.Kemampuan Penalaran Umum16
2.Kemampuan Kuantitatif15
3.Pengetahuan dan Pemahaman Umum16
4.Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis17

B. Jumlah Soal Bahasa Inggris UTBK 2022

No.MateriJumlah soal
1.Bahasa Inggris15

C. Jumlah Soal TKA Saintek 2022

No.MateriJumlah Soal
1.Matematika IPA15
2.Fisika13
3.Kimia15
4.Biologi15

D. Jumlah Soal TKA Soshum 2022

No.MateriJumlah Soal
1.Ekonomi15
2.Sejarah15
3.Geografi15
4.Sosiologi15

Bagaimana, Sobat Cerdas? Sudah merasa tertantang untuk menyambut SBMPTN 2022 nanti? Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik ya, belajar makin maksimal jika dibimbing oleh aslinya: Guru Ahli! Yuk daftar bimbel online Guru Ahli sekarang, lagi ada paket dengan harga terjangkau yang menarik banget lho!

Related Post

1 Comment

  • […] Sobat Cerdas, sebelumnya kita sudah membahas tentang kisi-kisi & perkiraan jumlah soal SBMPTN 2022, sekarang kita simak yuk tips menghadapi alias mengerjakan soal SBMPTN 2022 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *