preloader

Tipe Orang Seperti Apa yang Cocok Mengambil Jurusan Ilmu Hukum?

Jurusan Ilmu Hukum adalah satu dari beberapa jurusan kuliah bidang humaniora paling favorit yang mempelajari berbagai sistem hukum dan pengaplikasiannya di tengah masyarakat. Berbagai profesi seperti hakim, pengacara, jaksa hingga penasehat hukum haruslah menempuh pendidikan hukum dan menyandang gelar Sarjana Hukum terlebih dahulu sebelum bisa menjalani pekerjaannya secara profesional. Jika kamu pernah bercita-cita menjadi salah satu profesi yang disebutkan di atas, artinya kamu harus mengambil jurusan hukum di perkuliahan! Tapi, tahukah kamu tipe orang seperti apa yang dinilai cocok mengambil jurusan hukum? Apakah kamu termasuk salah satu di antaranya?

  1. Memiliki Mental yang Kuat

Seseorang yang berkecimpung di dunia hukum haruslah memiliki mental yang kuat. Kenapa? Karena setiap harinya anak hukum akan dikelilingi oleh berbagai kasus yang tidak jarang menguras energi, pikiran dan emosi. Kamu yang mengambil jalan ini harus paham bahwa merasa exhausted bisa menjadi makanan sehari-hari dan penting bagi kamu untuk bisa mengendalikan diri agar tidak terbawa arus dan berpegang teguh dengan pendirianmu.

2. Pemberani

Menyelidiki sebuah kasus hingga mewakili sebuah kasus di pengadilan mengharuskanmu untuk menjadi pemberani. Jurusan ini bukan untuk mereka yang malu atau tidak percaya diri ketika berbicara di depan umum. Apalagi ketika tugasmu adalah untuk mengorek informasi dan meyakinkan banyak orang mengenai kasus yang kamu tangani.

3. Fokus dan Teliti

Menyelidiki sebuah kasus seringkali tidaklah mudah dan membutuhkan kecermatan yang luar biasa. Tidak jarang tersangka atau terpidana menggunakan trik untuk mengelabui fakta yang ada, di sinilah kefokusan dan ketelitian kamu dibutuhkan.

4. Berpikiran Terbuka dan Memiliki Sudut Pandang yang Luas

Beberapa kasus yang ditangani di pengadilan kadang tidak sesuai nalar, oleh karena itu penting bagi kamu untuk memiliki open minded atau berpikiran terbuka mengenai segala hal. Kamu juga dituntut untuk bisa melihat sudut pandang yang luas dan beragam agar tidak terpaku pada satu kemungkinan saja.

5. Berpikir Kritis dan Mampu Menganalisa Secara Logis

Sama dengan alasan di poin sebelumnya, kemampuan berpikir kritis dan logis akan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran maupun praktek di dunia profesional nanti.

6. Komunikatif

Karena kamu akan banyak berhubungan dengan klien dan peserta pengadilan, kamu juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang unggul dan lancar.

Demikianlah beberapa “kriteria” yang cocok untuk jurusan ilmu hukum. Apakah kamu termasuk tipe orang yang dideskripsikan di atas? Jika ya dan jika kamu sudah memantapkan hati untuk mengambil jurusan hukum, jangan lupa belajar dengan giat agar bisa lulus di SBMPTN 2023 mendatang ya! Belajarnya bareng Guru Ahli dengan mendaftar di Virtual Bootcamp 2023.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *