preloader

Suka Menulis? Ini Dia Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu!

Hai Sobat Cerdas, siapa di antara kamu yang suka menulis? Biasanya hobi menulis selalu dibarengi dengan hobi membaca: seseorang yang suka menulis sudah pasti suka membaca, walaupun tidak semua orang yang suka membaca pun suka menulis. Hal ini dikarenakan menulis bukan hanya sekadar hobi saja, tapi juga skill atau kemampuan. Seseorang yang gemar menulis akan menemukan cara untuk mengekspresikan pikirannya dengan baik melalui tulisan dan mengasah bakatnya ini. Minat dan bakat menulis yang kamu punya juga bisa banget kamu seriusi di perkuliahan untuk menunjang kehidupan karirmu di masa mendatang loh.

Jika kamu tertarik dan merasa cocok dengan deskripsi di atas, mungkin kamu mau mengambil jurusan kuliah seperti di bawah ini!

  1. Sastra
    Yup, jurusan ini pasti yang pertama kali kita semua pikirkan jika berhubungan dengan kemampuan tulis-menulis dan tata bahasa. Selain mempelajari cara menulis yang baik dan benar, jurusan ini mempelajari interpretasi sebuah bacaan atau karya sastra, analisis berbagai aspek komunikasi, media, public speaking, dan berbagai seni dalam sastra itu sendiri. Jurusan sastra terbagi menjadi berbagai macam–tergantung bahasa yang ingin dikuasai–seperti Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Korea, Sastra Jerman, Sastra Belanda, Sastra Arab, bahkan Sastra Jawa!
  2. Jurnalistik
    Selain sastra, jurusan jurnalistik juga kental sekali dalam ranah tulis-menulis. Bedanya, jurusan ini tidak mempelajari aspek tata bahasa sedalam sastra dan interpretasi seninya, melainkan lebih mempelajari karakter dan dinamika tulisan yang terjadi di berbagai media massa (televisi, radio, cetak, dan online). Bisa dibilang jika jurusan ini cocok untuk kamu yang memang bercita-cita menjadi jurnalis/reporter dan wartawan.
  3. Ilmu Komunikasi
    Tulisan adalah salah satu alat komunikasi yang paling penting dan utama, tidak heran jika jurusan ilmu komunikasi juga mempelajari cara menulis yang baik dan benar dalam kurikulumnya. Mahasiswa/i komunikasi juga harus menguasai kemampuan menulis kreatif sebagai salah satu materi penting yang dipelajari.
  4. Broadcasting/Film
    Sementara itu, jurusan broadcasting (penyiaran) merupakan jurusan yang berhubungan dengan kemampuan tulis-menulis yang dikhususkan lagi dalam kategori media massa atau acara TV/radio. Ada juga jurusan film yang mempelajari cara menulis script di dunia per-film-an.

Demikianlah macam-macam jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang gemar menulis. Apapun itu pilihannya, pastikan kamu belajar dengan giat dari sekarang agar bisa lolos ke perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang kamu impikan. Gabung dengan Guru Ahli sekarang agar untuk mempersiapkan SBMPTN 2023 dengan maksimal. Info lebih lanjut bisa dibaca di artikel ini, ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *