preloader

Belajar Bahasa Inggris di Kampus dan Bimbel, Bedanya Apa Sih?

Orang awam mungkin berpikir bahwa belajar bahasa Inggris dimana-mana itu sama saja, bahkan ada yang mengatakan bahwa kuliah jurusan bahasa Inggris tidak ada bedanya dengan kursus bahasa Inggris di bimbingan belajar. Padahal kenyataannya, kedua hal itu sangatlah berbeda loh! Belajar bahasa inggris di perkuliahan tentu tidak bisa dibandingkan atau disamakan dengan belajar bahasa Inggris di bimbel saja. Apa aja sih perbedaannya? Simak pembahasannya di bawah ini yuk!

  1. Mempelajari semuanya secara lebih mendalam
    Kuliah bahasa Inggris mempelajari semua aspek secara lebih mendalam: writing, reading, speaking, dan listening. Selain merupakan mata kuliah wajib dan utama, ke empat aspek ini juga dibagi berdasarkan tingkatan dan menjadi ‘makanan sehari-hari’ mahasiswa/i sastra inggris. Pemisahan suku kata, pemenggalan kalimat, penggunaan berbagai idiom hingga penambahan imbuhan juga akan dikupas tuntas di sini.
  2. Menggali aspek seni dalam sastra
    Ada satu alasan kenapa sastra dikategorikan ke dalam seni: sastra mengandung keindahan dengan berbagai makna dan kreativitas yang tidak terbatas. Tidak seperti tulisan pada umumnya, karya sastra seperti puisi, novel, cerita pendek, dan script drama bisa ditelaah dalam berbagai interpretasi. Apalagi sastra Inggris begitu kaya dengan karya-karya klasik seperti karya William Shakespeare, Edgar Allan Poe, Jane Austen, Harper Lee dan masih banyak lagi.
  3. Sejarah
    Yup, selain mempelajari tata bahasa dan seninya, jurusan sastra inggris biasanya juga mempelajari sejarah Inggris sendiri: entah dari aspek keluarga kerajaan atau budayanya. Di sini, mahasiswa/i sastra Inggris bisa memahami latar belakang sehingga diharapkan bisa menelaah bahasanya secara lebih mendalam.
  4. Media dan penggunaannya di masyarakat
    Jurusan sastra Inggris juga mempelajari penggunaan bahasa di masyarakat pada umumnya, terutama di media massa. Tidak heran jika lulusan sastra Inggris juga banyak yang bekerja di media.
  5. Mendapatkan gelar Sarjana Sastra atau Sarjana Humaniora
    Yang paling membedakan adalah lulusan jurusan sastra Inggris mendapatkan gelar S1 yang bisa digunakan untuk menunjang karir dalam bidang terkait. Lulusan sastra Inggris juga dikenal kritis dan tahu bagaimana menyampaikan maupun menelaah komunikasi dengan baik.

Gimana, Sobat Cerdas? Sekarang sudah jelas sekali perbedaannya, bukan? Kalau kamu berniat mengambil jurusan ini di perguruan tinggi negeri impian, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dari sekarang bersama Guru Ahli, ya! Yuk daftar Virtual Bootcamp SBMPTN 2023 Guru Ahli sekarang!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *