preloader

3 Pilar Penting dalam Memilih Jurusan Kuliah

Sobat Cerdas, tahukah kamu apa-apa saja pilar penting dalam memilih jurusan kuliah? Pada dasarnya, keinginanmu adalah yang utama, tapi penting juga jika kamu menentukan pilihan pada 3 pilar di bawah ini:

1. Cita-cita & impian

Pertama, jika kamu sudah tahu cita-cita atau impian apa yang ingin kamu perjuangkan, kamu harus menyelaraskan pilihan jurusan kuliah kamu. Meskipun bukan syarat mutlak, tidak bisa dipungkiri jika jurusan kuliah yang sesuai adalah faktor pendukung terpenting untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan atau tujuan kamu di masa mendatang. Misalnya, seseorang dengan latar belakang pendidikan design dan seni pasti akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di bidang serupa dibandingkan seseorang dari jurusan ekonomi, begitu pun sebaliknya jika ingin melamar pekerjaan yang berhubungan dengan finansial. Apalagi untuk profesi dokter hingga arsitek yang mengharuskan seseorang menyandang gelar spesifik untuk bisa menjalankan pekerjaannya–entah dari segi formalitas maupun ilmu yang mendukung.

2. Skill dan bakat

Selanjutnya, hal lain yang bisa menjadi pilar atau landasan kamu dalam memilih jurusan adalah skill atau bakat yang kamu punya. Percaya atau tidak, setiap orang dilahirkan dengan bakatnya masing-masing. Hanya masalah waktu sampai kamu tahu atau menemukan bakatmu yang sesungguhnya, kamu juga bisa melatih bakat tersebut dan menekuninya dengan jurusan kuliah yang mendukung. Ada banyak macam jurusan kuliah yang bisa kamu sesuaikan dengan pertimbangan satu ini, misalnya saja jurusan sastra untuk kamu yang suka menulis, jurusan hubungan internasional untuk kamu yang berbakat dalam berdiplomasi, hingga jurusan matematika untuk kamu yang jago berhitung.

3. Tujuan dan peluang

Selain konsiderasi di atas, hal lain yang tidak kalah penting untuk dijadikan pilar dalam memilih jurusan kuliah adalah tujuan dan peluang itu sendiri. Hal ini dikhususkan untuk kamu yang mungkin belum mengetahui cita-cita dan bakal terpendam yang kamu miliki. Setidaknya, kamu bisa menelusuri berbagai pilihan jurusan kuliah dan menyeleksi beberapa yang kira-kira sesuai dengan dirimu dan selaras dengan apa yang ingin kamu lakukan di masa mendatang (berkarir, menciptakan karya, atau menjadi pengusaha). Kamu juga bisa menentukannya berdasarkan peluang di perguruan tinggi yang kamu inginkan. Misalnya saja dengan memilih jurusan yang memiliki peluang paling besar untuk diterima.

Bagaimana, Sobat Cerdas? Apakah sudah terlintas di kepalamu jurusan apa yang kira-kira cocok jika kamu memilih berdasarkan pilar-pilar di atas?

Apapun itu pilihanmu, jangan lupa untuk belajar dengan giat agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri impian, ya! Jika kamu baru menginjak kelas 3 SMA, ada baiknya jika kamu mempersiapkan diri dari sekarang meskipun masih ada waktu setahun sebelum SBMPTN 2023 dimulai. Ikut persiapan belajar intensif bareng Guru Ahli yuk, lagi ada program Virtual Bootcamp dengan harga meriah yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Simak info selengkapnya di artikel ini ya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *