preloader

Apa Saja Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Jika Mengambil Gap Year?

Sobat Cerdas, apakah kamu sudah familiar dengan istilah gap year? Gap year atau yang bisa juga disebut sebagai sabatical year adalah jangka waktu “rehat” yang kamu diambil sebelum memutuskan untuk kembali melanjutkan pendidikan. Biasanya hal ini dilakukan oleh mereka yang baru lulus SMA dan memutuskan untuk menunda kuliah karena satu dan lain hal. Informasi soal gap year dan hal-hal apa saja yang harus kamu perhatikan bisa dibaca dalam artikel sebelumnya di sini. Nah, lantas apa saja sih manfaat gap year yang bisa kamu dapatkan? Simak pembahasannya di bawah ini yaaa!

  1. Kamu punya waktu untuk eksplorasi apa yang kamu mau
    Jika kamu belum benar-benar mengetahui atau memutuskan apa yang ingin kamu lakukan, termasuk jurusan apa yang sebaiknya kamu pilih, mengambil gap year bisa menjadi keuntungan. Selama gap year tersebut, kamu bisa eksplorasi berbagai macam hal hingga akhirnya menemukan passion kamu yang sesungguhnya. Hal ini akan menghindarkan kamu dari salah memilih jurusan yang berujung tidak fokus dan setengah hati menjalaninya karena kamu tidak suka.
  2. Belajar lebih banyak hal dan menambah pengalaman
    Rentang waktu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk belajar lebih banyak hal, seperti mengambil kursus ini itu, mencoba program magang, mengikuti berbagai seminar, hingga belajar berbagai keahlian lain yang bisa kamu lakukan secara otodidak. Dengan demikian, gap year itu tidak akan terbuang percuma dan bisa kamu tabung untuk menambah pengalaman. Meskipun begitu, kamu harus ingat bahwa kamu harus tetap fokus dengan tujuan awal kamu mengambil gap year, misalnya tetap belajar dengan rajin jika kamu ingin mengikuti SBMPTN 2023.
  3. Mendapatkan persiapan SBMPTN yang lebih matang
    Khusus untuk kamu yang mengambil gap year untuk mengikuti SBMPTN tahun depan, gap year akan menguntungkan kamu dalam hal menyiapkan diri dengan lebih baik dan lebih matang. Kamu bisa fokus untuk belajar soal-soal SBMPTN dan segala hal yang membantu kamu agar bisa lulus di ujian nanti. Kamu juga bisa ikut program khusus pelatihan SBMPTN seperti Bootcamp Guru Ahli agar bisa mendapatkan bimbingan belajar dari ahlinya. Guru Ahli menyediakan program khusus dengan metode pengajaran yang disempurnakan untuk membantu kamu belajar, termasuk ribuan contoh soal dan pembahasan serta tips dan trik pelajaran yang dikemas dengan menarik.

Buruan daftar sekarang! Info lebih lanjut lihat di Instagram @guruahliofficial ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *