preloader

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Jika Mengambil Gap Year untuk Ikut SBMPTN 2023

Apa itu gap year? Gap year adalah istilah yang digunakan bagi mereka yang memilih untuk menunda kuliah dari tahun pertama mereka lulus sekolah. Gap atau jangka waktunya bisa setahun atau lebih, tergantung dari situasi dan kondisi yang dialami masing-masing individu. Biasanya, alasan seseorang memutuskan untuk gap year adalah untuk mencoba kembali masuk ke Perguruan Tinggi Negeri impian (ikut seleksi tahun depan karena tahun ini tidak lolos), atau seseorang yang memilih untuk bekerja dahulu karena belum siap kuliah–entah dari segi finansial mau pun mental.

Nah, jika kamu merupakan salah satu dari mereka yang mengambil gap year untuk ikut SBMPTN 2023, hal-hal berikut ini lah yang perlu kamu perhatikan:

  1. Tentukan Target Kamu
    Meskipun sudah tahu apa yang kamu mau, ada baiknya jika kamu memikirkan kembali target yang kamu tuju seperti: jurusan apa yang benar-benar cocok untuk kamu dan universitas mana yang sebaiknya kamu pilih dari segala sisi. Jika kamu sudah sangat yakin dengan target utama, jangan lupa untuk memikirkan target pilihan bilamana target utama tidak berhasil. Misal, kamu memilih kampus A, tapi kamu akan memilih kampus B jika tidak diterima di kampus A. Selain itu, kamu juga harus memikirkan target belajar dan target nilai yang ingin kamu capai.
  2. Atur Strategi Belajar
    Jika sudah menentukan target, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengatur strategi belajar. Seperti apa-apa saja yang harus kamu pelajari dan kuasai dalam satu tahun ke depan, bagaimana cara belajar yang efektif, kapan saja waktu belajarmu, dan tentu saja memilih bimbingan belajar yang bisa membantumu belajar dengan baik.
  3. Tumbuhkan Motivasi Belajar
    Ingatlah bahwa alasanmu mengambil gap year adalah karena kamu ingin berjuang di SBMPTN tahun depan, jadi penting bagi kamu untuk menumbuhkan motivasi belajar. Ujian yang paling berat dari “beristirahat setahun” adalah karena rasa malas yang bisa tiba-tiba saja melanda untuk belajar lagi. Jadi, tetap jaga semangat dalam diri kamu, ya! Sedikit tips, mungkin kamu bisa menulis kata-kata motivasi di dinding kamar agar kamu selalu teringat untuk berjuang belajar setiap harinya. Kamu juga bisa mencari support system seperti belajar bersama teman-teman yang memiliki tujuan sama atau bergaul dengan teman-teman yang kamu tahu akan selalu mendukung kamu.
  4. Persiapkan dengan Matang
    Terakhir, persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Belajar dan latihan yang banyak, serta mengambil kursus di lembaga belajar terpercaya juga bisa menjadi solusinya. Bergabung di lembaga belajar seperti Guru Ahli akan membantu kamu belajar dengan maksimal karena dibimbing oleh ahlinya, memiliki banyak program yang bisa menunjang pembelajaran kamu, memunculkan motivasi belajar, dan sebagainya. Daftar segera, ya! Lagi ada program Bootcamp SBMPTN 2023 dengan penawaran yang sangat menarik lho. Info lebih lanjut kunjungi Instagram @guruahliofficial.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *