preloader

Kisah Teladan: Qeis Bin Sa’ad Bin ‘Ubadah

Sobat Cerdas, di bawah ini ada sebuah kisah mengenai seorang tokoh yang begitu dermawan dan berpendirian teguh dalam membela agama Islam, simak kisahnya ya:

Qeis bin Sa’ad bin ‘Ubadah berasal dari keluarga Arab paling dermawan. Ia berasal dari keturunan yang sangat mulia. Ia adalah anak dari Sa’ad bin ‘Ubadah, seorang pemimpin Khazraj. Ia adalah seorang lihai yang banyak tipu muslihat, seorang mahir, cerdik, dan selalu jujur dalam setiap perkataannya.

Sikap dermawan telah diwarisinya. Ia menyediakan petugas khusus yang ditugaskan berdiri di ketinggian. Mereka bertugas memanggil para tamu untuk makan siang bersama mereka. Petugas itu juga ditugaskan menyalakan api pada malam hari untuk menjadi petunjuk bagi para musyafir yang lewat.

Pada suatu hari, Qeis memberikan pinjaman uang dalam jumlah besar pada temannya yang sedang kesulitan. Namun ketika kawannya hendak mengembalikan pinjaman itu, Qeis menolaknya sambil berkata, “Kami tak hendak menerima kembali apa-apa yang telah kami berikan.”

Kedermawanan yang dimiliki Qeis di tangan kanannya diimbangi oleh keberaniannya di medan pertempuran yang ia genggam di tangan kirinya. Keberanian Qeis semakin memuncak setelah syahidnya Ali bin Abi Thalib dan setelah dibai’atnya Hassan. Qeis memandang Hassan adalah tokoh yang cocok menurut syari’at untuk menjadi imam. Qeis pun terus berjuang demi tegaknya Islam. Namun pada tahun 59 H, ia wafat. Ia dikenang sebagai pahlawan yang cerdik dan ahlimempertahankan kejayaan Islam.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *