preloader

Kisah Teladan: Permata di Perut Ikan Busuk

Hai Sobat Cerdas, bagaimana kabar kamu di puasa hari ke-5 ini? Semoga tetap sehat dan semangat terus ya! Hari ini Guru Ahli mau membagikan kisah teladan tentang perbuatan mulia sepasang suami istri yang mendatangkan berkah bagi keduanya. Sebuah pengingat bahwa perbuatan baik yang dilakukan dengan setulus hati akan selalu berbuah baik. 🙂

Seorang laki-laki miskin baru saja menjual sebuah anyaman. Dijualnya anyaman itu seharga satu dirham di pasar. Dalam perjalanan pulang, ia melihat dua orang laki-laki sedang bertengkar memperebutkan uang satu dirham. Laki- laki itu lalu memberikan uangnya agar mereka berhenti bertengkar. Ia lalu pulang ke rumah dan
menceritakan peristiwa yang dialaminya pada istrinya.

Sang istri merasa senang dengan apa yang dilakukan oleh suaminya. Ia lalu meminta suaminya untuk menjual pakaian bekas. Namun setelah berkeliling, tidak ada seorang pun yang mau membelinya. Sang suami hanya melihat laki-laki membawa seekor ikan yang telah membusuk. Ia lalu menukar pakaian bekasnya dengan ikan busuk itu.

Sekembalinya di rumah, saat si istri membelah ikan busuk tersebut untuk dimasak, ia terkejut karena menemukan sebuah permata dan menyuruh suaminya menjual permata itu ke pasar.

Laki-laki miskin itu pulang dengan membawa banyak uang. Namun, ia mendapati seorang pengemis di depan rumahnya. Ia lalu memberikan uangnya kepada pengemis tersebut. Pengemis itu segera pergi. Namun tak beberapa lama, ia kembali lagi dan berkata, “Ambillah uang- uang ini. Ini adalah pemberian Allah sebagai balasan atas kebaikanmu mendamaikan dua orang yang bertikai.”

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *