preloader

Kisah Teladan: Tiga Orang Penghuni Gua

Sobat Cerdas, pernahkah kamu mendengar kisah tentang tiga orang sahabat yang terjebak dalam gua dan ditolong oleh Allah SWT karena doa dan amal ibadahnya? Kita simak lagi kisahnya yuk agar kita ingat bahwa setiap perbuatan baik untuk mengharapkan ridha Allah akan selalu mendatangkan berkah. 🙂

Suatu ketika tiga orang pemuda sedang berjalan. Tiba-tiba, turunlah hujan lalu mereka berlindung di dalam sebuah gua yang terdapat di perut gunung. Tiba-tiba, sebuah batu besar jatuh dari atas gunung menutupi mulut gua yang akhirnya mengurung mereka.

Ketiganya mengingat amalan baik yang pernah dilakukan dan memohon kepada Allah SWT agar dengan amal tersebut, Allah SWT berkenan menggeser batu besar itu. Salah seorang dari mereka berdoa, ”Ya Allah, sesungguhnya dahulu aku memiliki orangtua, anak dan istri. Setiap hari aku memerah susu dan aku selalu mendahulukan kedua orangtuaku sebelum anak-anakku. Jika Engkau mengetahui bahwa aku melakukan itu untuk mengharap keridhaan-Mu, bukalah sedikit celahan batu besar ini.”

Allah SWT pun menciptakan celahan sehingga mereka dapat melihat langit.

Selanjutnya, orang kedua berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya dahulu aku pernah mempunyai saudara. Ia putri paman yang sangat aku cintai. Suatu ketika ia dalam keadaan terjepit. Lalu aku menawarkan bantuan seratus dinar dengan syarat ia mau menyerahkan dirinya. Namun ketika aku mendekatinya, ia mengingatkan padaku agar aku takut dan ingat pada-Mu. Maka aku pun tidak jadi berbuat dosa. Jika Engkau mengetahui bahwa aku melakukan itu untuk mencari keridhaan-Mu, ciptakanlah sebuah celahan lagi untuk kami.

Kemudian, Allah SWT pun membuat sebuah celahan lagi untuk mereka. Lalu orang ketiga pun berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku pernah mempekerjakan seseorang dengan upah enam belas liter beras (padi). Ketika ia sudah merampungkan pekerjaannya, aku menyerahkan upahnya. Namun, ia menolaknya. Kemudian upah itu aku belikan sapi hingga berkembang banyak. Suatu hari dia datang lagi padaku, lalu aku memberikan sapi-sapi itu. Jika Engkau mengetahui bahwa aku melakukan itu untuk mengharap keridhaan-Mu, bukakanlah untuk kami sedikit celahan lagi yang tersisa.

Akhirnya, Allah SWT membukakan celahan yang tersisa itu dan mereka dapat keluar dari goa dengan selamat.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *