preloader

Kisah Teladan: Orang Berilmu Selalu Mengutamakan Kehalalan

Sobat Cerdas, kita simak sebuah kisah yang menginspirasi tentang seorang berilmu yang selalu mengutamakan kehalalan yuk. Kisah ini membuat kita belajar bahwa apapun yang kita lakukan atau konsumsi harus selalu memperhatikan kehalalan dan keikhlasan dari pemiliknya.

Dikisahkan, seorang Syekh dari Syiraz hadir dalam suatu perjamuan. Salah satu acara penting dalam perjamuan itu adalah ceramah tentang masalah agama. Namun, ada suatu kejadian yang ganjil yang sangat mengherankan Syekh itu. Ketika acara ceramah dimulai, semua tamu tertidur. Syekh dari Syiraz itu lalu menemui tuan rumah dan bertanya padanya, “Kenapa mereka tertidur?”

“Saya tidak tahu. Saya telah memeriksa semua kehalalan makanan yang saya hidangkan, kecuali terung-terung itu,” jawab tuan rumah.

Keesokan harinya, mereka pergi ke tempat pedagang sayuran. Mereka lalu bertanya padanya, “Dari mana kamu mendapatkan terung-terung itu?”

“Sesungguhnya, aku telah mencurinya dari sebuah kebun dan menjualnya,” jawab si pedagang.

Mereka lalu membawa si pedagang menemui pemilik kebun terung itu untuk meminta kehalalannya.

Si Pemilik kebun merasa heran dan kagum pada sikap mereka. Ia lalu berkata, “Kalian mendatangiku hanya untuk urusan seribu biji terung?”

“Ya,” jawab mereka.

“Kalau begitu, aku akan menghadiahkan kebunku ini padamu, pedagang. Aku juga akan memberikan dua ekor sapi, seekor keledai, dan bajak agar kamu tidak mencuri lagi,” kata si pemilik kebun.

Pedagang itu merasa malu dan menyesal. Ia bertekad tidak akan mencuri lagi.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *