preloader

Kisah Teladan: Kisah Wanita Berparas Jelek

Sobat Cerdas, tidak semua hal bisa diukur dari penampilan, seperti halnya kualitas iman, kepandaian, dan hati seseorang. Kita simak dulu yuk kisah yang menginspirasi di bawah ini.

Pada zaman Khalifah Al-Mahdi, ada seorang gubernur yang memiliki kebiasaan membagi-bagikan uang kepada rakyat miskin. Namun, seorang wanita berparas jelek tidak menyambut taburan uang itu. Sang gubernur penasaran dan bertanya padanya. Wanita itu pun menjawab bahwa bekal dunianya sudah cukup. Sekarang, ia hanya butuh bekal akhirat, yaitu puasa, shalat, dan zikir.

Diam-diam, sang gubernur mulai tertarik pada wanita itu. Suatu hari ia mengundang rakyatnya dalam suatu jamuan mewah di rumahnya. Sang gubernur memberikan gelas kristal mewah berisi minuman pada setiap tamu yang hadir. Kemudian, sang gubernur memerintahkan mereka memecahkan gelas-gelas itu. Namun, mereka tidak mau melaksanakannya, kecuali si wanita berparas jelek.

Wanita itu kemudian menjelaskan alasannya. Pertama, memecahkan gelas tersebut lebih baik daripada tidak ada yang mematuhi perintah gubernur. Kedua, dia harus mematuhi perintah Allah SWT, Rasul-Nya, dan Ulil Amri (pemimpin). Gubernur adalah Ulil Amrinya. Ketiga, orang-orang menganggapnya gila ketika memecahkan gelas
tersebut. Tapi, itu lebih baik daripada dia durhaka terhadap perintah gubernur sebagai pemimpinnya.

Akhirnya, sang gubernur menjadikan wanita berparas jelek itu sebagai istrinya.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *