preloader

Kisah Teladan: Halal atau Haram

Sobat Cerdas, mengonsumsi makanan yang halal dan menghindari makanan yang haram adalah salah satu perintah Allah SWT yang tidak hanya untuk kebaikan, tapi juga kesehatan. Dikisahkan seorang sufi wanita yang juga berpegang teguh pada perintah ini bahkan sejak umurnya masih sangat belia, kita simak dulu yuk kisahnya! 🙂

Rabi’ah al-Adawiyah adalah seorang sufi wanita yang sangat hebat. Ia memiliki tingkat keimanan dan kecintaan yang tinggi kepada Allah SWT. Selain itu, pengetahuan agamanya sangat dalam. Ia pun disegani banyak orang.

Tanda-tanda munculnya kehebatan itu sebenarnya sudah terlihat ketika ia masih kecil. Dikisahkan ketika usianya 6 tahun, Rabi’ah diberi makan oleh ayahnya. Namun, Rabi’ah sama sekali tidak mau menyentuh makanan itu. Ketika mengetahui hal itu, ayahnya merasa tersinggung, lalu berkata, “Mengapa kau tidak mau makan makanan itu? Aku sudah menyiapkannya untukmu.”

Rabi’ah menjawab, “Aku tahu ayah. Tapi, aku tidak mau makan makanan ini sebelum aku mengetahui apakah makanan ini halal atau haram?”

Ayahnya semakin tersinggung dengan ucapan anaknya tersebut. Ia lalu berkata dengan nada yang keras, “Kalau makanan itu haram dan tidak ada lagi makanan, apakah memakannya tidak dapat dibenarkan juga?”

Rabi’ah kembali menjawab, “Wahai ayah, aku akan bersabar menghadapi lapar di dunia. Daripada aku harus bersabar menanggung siksa api neraka di akhirat kelak.”

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *