preloader

Kisah Teladan: Tiga Amalan Pengejar Pahala

Sobat Cerdas, kamu pasti sudah tahu jika setiap amalan pasti mendatangkan pahala. Tapi tahukah kamu amalan yang dapat mengejar pahala orang-orang yang sebelum atau sesudah kalian? Diriwayatkan ada sebuah kisah mengenai seorang hamba yang merasa tidak percaya diri dengan amalannya karena keterbatasan, hamba tersebut kemudian mengadu kepada Rasulullah SAW dan mendapatkan nasehat dari Rasulullah SAW. Kita simak ceritanya yuk:

Abu Hurairah menceritakan bahwa suatu hari orang-orang fakir datang menemui Rasulullah SAW. Mereka berkata pada beliau, “Ya Rasulullah, orang-orang kaya telah mendapatkan derajat yang tinggi. Mereka pun mendapat kebahagiaan yang abadi. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa. Mereka memiliki kelebihan harta sehingga dapat menunaikan haji, umrah, berjuang di jalan Allah, dan bersedekah.”

Rasulullah kemudian bersabda, “Maukah kamu sekalian aku ajarkan suatu amalan yang dapat mengejar pahala orang-orang yang mendahului kalian atau sesudah kalian nanti? Di mana tidak ada seorang pun yang akan mendapatkan pahalanya kecuali orang itu melakukan seperti yang kalian lakukan?”

“Baik, Ya Rasulullah,” jawab mereka.

Rasulullah lalu bersabda, ”Bacalah oleh kalian tasbih, tahmid, dan takbir tiga puluh tiga kali setiap selesai shalat.”

Orang-orang fakir itu lalu bertanya, “Bagaimana cara mengucapkannya?”

Beliau kemudian bersabda, ”Subhaanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar.”

Setelah mengerti apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, mereka segera pulang. Pada hari lain mereka datang kembali menemui Rasulullah SAW. Mereka berkata, “Ya Rasulullah, setelah saudara-saudara kami yang kaya itu mendengar apa yang kau sabdakan, mereka kemudian melakukannya juga.”

Rasulullah SAW lalu bersabda, “Itulah karunia Allah yang diberikan kepada siapa yang dikehendaki-Nya.”

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *