preloader

Kisah Teladan: Persaudaraan Mengagumkan

Tidak mementingkan kepentingan atau keselamatan diri sendiri saja adalah sebuah hal yang mengagumkan dan mencerminkan semangat persaudaraan. Kita simak yuk kisah persaudaraan mengagumkan di bawah ini:

Pada perang Uhud, banyak korban meninggal dunia. Para sahabat, termasuk Umar bin Khattab, sibuk mencari korban yang belum ditemukan. Selama pencarian, tiba-tiba Umar mendengar sebuah suara, “Allah… Allah, aku butuh air.”

Umar segera mendekati suara itu. Ternyata, ia melihat seorang pemuda terluka parah dan tampak kehausan. Lalu Umar bermaksud memberikan air minum padanya. Beliau mengangkat kepala si pemuda dan hendak meminumkan air yang dibawanya. Namun, terdengar suara dari arah lain yang menyebut nama Allah dan meminta minum. Prajurit muda yang hendak ditolong itu memberi isyarat kepada Umar agar memberikan air minum untuk orang yang meminta tolong itu.

Umar lalu bergegas menuju arah suara itu. Tak lama kemudian, Umar mendapati laki-laki setengah tua dengan wajah bersimbah darah sedang terbaring lemah dan merasa kehausan. Umar segera menghampiri dan hendak memberinya minum. Belum lagi prajurit setengah tua itu meminum air yang dibawa Umar, tiba-tiba terdengar suara dari arah lain. Seorang laki-laki sedang menyebut nama Allah dan membutuhkan air untuk minum. Maka Laki-laki setengah tua itu meminta Umar untuk memberikan air pada orang yang meminta tolong itu.

Umar segera mendatangi asal suara itu. Akhirnya, ia mendapati seorang prajurit tua tergolek lemah di atas tanah. Namun ketika Umar hendak menolongnya, prajurit itu menghembuskan nafas terakhirnya. Selanjutnya, Umar segera bergegas ke arah prajurit muda untuk memberikan airnya. Ternyata, prajurit itu tak bernyawa lagi. Lalu dengan cepat Umar menghampiri prajurit kedua, tapi ia juga sudah meninggal dunia.

Umar terdiam sejenak. Ia takjub menyaksikan persaudaraan umat Islam. Mereka mendahulukan kepentingan saudaranya daripada kepentingannya sendiri. Sungguh persaudaraan yang mengagumkan.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *