preloader

Kisah Teladan: Menjadi Ahli Surga

Selalu berbuat kebaikan dengan niat tulus dan tidak merasakan dengki maupun iri hati pada siapa pun adalah tiket menuju ke surga. Sobat Cerdas, kita simak kisah di bawah ini dulu yuk. 🙂

Suatu hari seorang sahabat Anshar muncul sambil mengusap jenggotnya. Ia mencoba menghilangkan air wudu. Rasulullah yang saat itu sedang duduk-duduk bersama para sahabat bersabda, “Akan berlalu saat ini seorang ahli surga.”

Salah seorang sahabat yang bernama Abdullah Ibnu Umar tak dapat menahan rasa penasarannya. Ia berkata dalam hati, “Sebenarnya, siapakah orang ini? Kenapa Rasulullah menyebutnya sebagai ahli surga?”

Abdullah Ibnu Umar lalu menginap di rumah laki-laki itu selama tiga hari. Setiap malam, Abdullah melihat sahabat Anshar itu bangun dan bertakbir hingga shubuh. Abdullah merasa hal yang dilkukan laki-laki itu bukanlah sesuatu yang istimewa. Abdullah pun bertanya pada laki-laki itu apa yang ia lakukan sehingga disebut ahli surga oleh Rasulullah.

Sahabat Anshar itu lalu berkata, ”Aku seperti yang kamu lihat. Tapi aku tak pernah iri dan dengki terhadap anugerah yang Allah berikan pada orang Muslim.”

Abdullah Ibnu Umar akhirnya mengerti kenapa Rasulullah menyebut sahabat Anshar itu sebagai ahli surga. Laki-laki itu tidak pernah merasa iri dan dengki terhadap orang lain.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *