preloader

Kisah Teladan: Mendapat Ampunan Karena Menolong Anjing

Sobat Cerdas, semua perbuatan baik yang dilakukan dengan tulus pasti akan mendapatkan ganjarannya. Salah satu contoh yaitu seperti yang terjadi pada kisah seorang laki-laki yang menolong seekor anjing kehausan di bawah ini. Menolong sesama makhluk Allah yang sedang membutuhkan bahkan bisa menghapus dosa.

Diriwayatkan seorang laki-laki sedang mengadakan suatu perjalanan yang panjang. Namun, di tengah perjalanan ia sangat kehausan. Ia pun berhenti sejenak untuk melepaskan rasa hausnya itu. Ia mencari sumber air agar dapat minum.

Ketika ia merasakan tubuhnya lemah dan lelah selama pencarian air, tiba-tiba ia menemukan sebuah sumur. Dengan tubuh yang lemah, ia berusaha masuk dalam sumur tersebut dan minum sepuasnya. Setelah merasa cukup dan rasa hausnya telah hilang, laki-laki itu naik lagi ke atas untuk keluar dari dalam sumur.

Namun ketika sampai di atas, ia sangat terkejut ketika melihat seekor anjing sedang menjilati debu karena menahan kehausan. Tubuhnya tampak lemah dan matanya menyiratkan penderitaan karena kehausan. Laki-laki itu merasa sangat iba melihat penderitaan anjing itu. Ia berkata dalam hati, “Kasihan sekali anjing ini, pasti ia sedang merasakan kehausan seperti yang aku rasakan tadi.”

Tanpa berpikir lama, laki-laki itu segera turun lagi ke dalam sumur. Tak lupa ia sambil membawa sepatunya. Ia lalu memenuhi sepatunya dengan air sumur. Ia membawa air dalam sepatu itu ke atas. Ia berkata pada si anjing, “Minumlah air ini agar rasa hausmu hilang!”

Anjing itu segera meminum air itu. Ia merasa mendapatkan kehidupan baru setelah minum air itu. Tubuh anjing itu terlihat lebih segar daripada sebelumnya. Pemuda itu merasa lega dapat menolong anjing itu. Ia bersyukur pada Allah SWT telah diberikan kesempatan untuk dapat menolong makhluk-Nya. Akhirnya, si pemuda mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *