preloader

Kisah Teladan: Aburrahman bin Abu Bakar

Sobat Cerdas, kali ini ada cerita yang menarik tentang salah satu tokoh pembela Islam yang taat, Aburrahman bin Abu Bakar.

Abdurrahman bin Abu Bakar adalah putra Abu Bakar Shiddiq ra. Ia termasuk seorang penyerang di pihak tentara musyrik. Meskipun ayahnya seorang muslim yang sangat taat, Abdurrahman memiliki keyakinan kuat terhadap keyakinannya sendiri. Namun, kebenaran yang tak henti-hentinya dikumandangkan oleh umat Islam sedikit demi sedikit mulai merasuki dirinya. Suatu saat, takdir itu datang. Abdurrahman mendapat petunjuk dari Allah. Ia pun masuk Islam dan berbai’at pada Rasulullah SAW. Abu bakar sangat gembira melihat putranya masuk Islam.

Sejak masuk Islam, Abdurrahman tak pernah ketinggalan dalam setiap peperangan. Bahkan, dalam perang Yamamah ia memiliki peran yang sangat besar bagi kemenangan umat Islam. Saat itu, ia berhasil menghabisi Mahkam bin Thufeil, yang menjadi otak perencana bagi Musailamah al Kadzab (orang yang mengaku sebagai nabi). Dengan terbunuhnya Mahkam, kaum Muslimin dapat menyerbu benteng pertahanan musuh. Akhirnya, kaum Muslimin meraih kemenangan.

Di bawah naungan Islam, sifat-sifat Abdurrahman semakin menonjol. Kecintaan dan keyakinannya membela apa yang diyakininya benar, yaitu Islam, bertambah kuat. Ia tidak pernah gentar terhadap apapun. Ia selalu menggunakan kelebihannya itu untuk membela Islam hingga akhir hidupnya.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *