preloader

Kisah Teladan: Anugerah Pahala

Sobat Cerdas, sesungguhnya, kita tidak pernah bisa menduga dari mana kita bisa mendapatkan pahala atau keridhaan dari Allah SWT. Tapi yang bisa kita pastikan adalah, hal apapun yang didasari oleh niat baik akan selalu berbuah kebaikan. Seperti kisah seseorang bernama Muwaffaq di bawah ini:

Suatu malam, Abdullah bin Mubarak tertidur pulas. Dalam tidurnya, ia bermimpi melihat dua orang malaikat sedang bercakap-cakap tentang orang haji. Salah satu dari mereka bertanya pada yang lainnya, “Berapa orang yang berhaji tahun ini?”

“Enam ratus ribu orang,” jawab malaikat lainnya.

“Lalu berapa yang diterima oleh Allah Swt?” kata Malaikat satunya.

“Tidak satu pun dari mereka yang diterima hajinya. Hanya ada seorang laki-laki bernama Muwaffaq. Ia seorang tukang sepatu dari Damsyik. Ia tidak jadi berhaji, namun hajinya diterima oleh Allah sehingga orang yang berhaji tahun ini mendapatkan berkah. Haji mereka akhirnya diterima berkat kebaikan Muwaffaq.”

Abdullah bin Mubarak lalu terbangun. Ia segera pergi menemui Muwaffaq. Muwaffaq lalu bercerita pada Abdullah bahwa dulu ia memiliki uang tiga ratus dirham dan ia ingin berhaji. Namun sebelum berangkat, tetangganya mengatakan bahwa anak-anaknya yang yatim tidak makan selama tiga hari. Mendengar cerita tetangganya itu, Muwaffaq segera kembali ke rumahnya untuk mengambil uang. Ia Ialu menyerahkan uang tiga ratus dirham yang sedianya digunakan untuk berhaji. Ia menyuruh tetangganya itu untuk membeli makanan dan memberikannya pada anak yatim itu.

Tetangganya sangat berterima kasih pada Muwaffaq. Sementara Muwaffaq tidak jadi melaksanakan haji. Namun demikian, ia telah dijanjikan oleh Allah mendapatkan pahala sepertipahala haji.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *