preloader

Kisah Teladan: Zaid Bin Tsabit

Sobat Cerdas, jika kita menengok sejarah, mungkin semuanya tidak semudah yang kita rasakan sekarang. Semua yang kita nikmati hari ini adalah berkat dari para orang terdahulu seperti tokoh-tokoh bersejarah dan tokoh-tokoh yang kita hormati. Kita simak salah satu kisah yang menginspirasi dari Zaid Bin Tsabit dulu yuk. 🙂

Zaid bin Tsabit Zaid dikenal sebagai ilmuwan yang memiliki banyak kelebihan. Ia selalu membaca Al-Quran dan menuliskan wahyu untuk Rasulullah. Ketika Rasulullah mulai berdakwah ke luar negeri dan mengirimkan surat kepada raja-raja dan kaisar-kaisar dunia, diperintahlah Zaid mempelajari sebagian bahasa asing. Zaid pun berhasil menguasainya dalam waktu singkat. Ia dapat membantu Rasulullah menyampaikan dakwahnya.

Pada masa khalifah Abu Bakar, terjadi perang Yamamah. Pada saat itu banyak penghafal Al-Quran yang gugur di medan perang. Abu Bakar kemudian memanggil Zaid dan memerintahkannya untuk menghimpun Al-Quran dengan bantuan orang yang ahli dalam masalah ini. Dengan kesungguhan yang mendalam, akhirnya Zaid berhasil melaksanakan tugas yang diberikan.

Pada masa Khalifah Usman, perbedaan bacaan yang muncul semakin besar. Hal ini membuat khawatir umat Islam. Usman kemudian meminta bantuan Zaid bin Tsabit. Zaid kemudian mengumpulkan para sahabat dan orang-orang yang dapat membantunya. Mereka lalu bermusyawarah. Akhirnya, mereka dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Sungguh, Zaid bin Tsabit dan para sahabat telah berjasa menghimpun Al-Quran hingga masih terjaga hingga saat ini. Dan sekarang, kita dapat membaca Al-Quran dengan mudah.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *