preloader

Kisah Teladan: Jalan Keluar Masalah

Sobat Cerdas, pernahkah kamu mengalami suatu masalah dan merasa permasalahan itu terlalu besar? Sesungguhnya kekhawatiran itu akan sirna atau setidaknya berkurang setelah kamu menyadari bahwa tidak ada daya dan kekuatan yang lebih tinggi dibanding Allah yang maha penolong lagi maha penyayang. Yang perlu kamu lakukan adalah berdoa, bertawakal, dan berusaha. Niscaya ada jalannya, seperti kisah yang bisa kamu simak di bawah ini. 🙂

Pada zaman Rasulullah SAW, ada seorang laki-laki bernama Auf bin Malik. Ia sedang tertimpa musibah. Anaknya ditawan oleh orang-orang kafir saat sedang menggembalakan dombanya. Ketika istri Auf bin Malik mendengar berita itu, ia sangat bersedih.

Auf lalu pergi ke tempat Rasulullah dan memohon pertolongan. Rasullullah lalu bersabda, “Bersabarlah, jangan banyak mengeluh. Perbanyaklah mengucap laa haula wa laa quwwata illa billahil ’aliyyil azim (tidak ada daya dan kekuatan selain bagi Allah Yang Mahatinggi dan Mahaagung).”

Auf bin Malik kembali ke rumahnya. Ia lalu menjalankan perintah Rasulullah. Beberapa lama kemudian, Allah memberikan jalan keluar pada mereka. Orang-orang kafir yang menawan anak mereka lengah. Anak mereka pun dapat meloloskan diri sambil menggiring empat ribu dombanya pulang ke rumah. Demikianlah kisah orang bertakwa yang mau mengamalkan apa yang disabdakan Rasulullah. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. Ath– Thalaq:2-3: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki secara tak terduga.”

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *