preloader

Kisah Teladan: Mengkhatamkan Al-Quran 2-3 Menit

Sobat Cerdas, siapa di antara kamu yang sudah mengkhatamkan Al-Quran? Tahukah kamu bahwa membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali sama halnya dengan membaca 30 Juz Al-Quran? Kita simak kisah di bawah dari perbincangan Rasulullah SAW dengan para sahabatnya yuk.

Suatu hari, Rasulullah memberikan sebuah teka-teki kepada para sahabatnya. Beliau berkata, “Siapa di antara kalian yang dapat mengkhatamkan Al-Quran (membaca 30 Juz Al-Quran) dalam waktu 2-3 menit?”

Para sahabat terkejut mendengar teka-teki Rasulullah. Umar bin Khattab lalu berkata, “Ya Rasulullah, itu adalah hal yang mustahil kita lakukan?”

“Itu hal yang mungkin kalian lakukan,” jawab Rasulullah.

Tak lama kemudian, Ali bin Abi Thalib yang pada waktu itu masih kecil mengangkat tangannya seraya berkata, “Saya bisa, ya, Rasul!”

Rasulullah pun berkata, “Ali, coba kamu kemukakan pendapatmu!” Ali kemudian membaca surat Al-Ikhlash sampai selesai, sebanyak tiga kali.

Rasulullah lalu bersabda, “Barang siapa membaca Surat Al-Ikhlas sekali, pahalanya sama dengan membaca Al-Quran 10 juz. Jadi, barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, pahalanya sama dengan telah mengkhatamkan Al-Quran 30 Juz.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *