preloader

Kisah Teladan: Keindahan Akhlak Sang Khalifah

Sobat Cerdas, “keindahan” seseorang tidak hanya dilihat dari penampilannya saja, melainkan dari dalam diri atau dari perangai dan akhlaknya. Mari kita simak kisah di bawah ini tentang seorang Yahudi yang menyadari keistimewaan dalam diri Khalifah Umar karena akhlaknya yang sangat mulia dan patut dicontoh.

Suatu hari, seorang Yahudi ingin bertemu dengan Khalifah Umar untuk mengadukan masalah yang rumit. Ia lalu datang ke Madinah dan berkeliling mencari istana sang Khalifah. Namun setelah lama berkeliling, ia tak jua mendapatkannya. Ketika waktu zuhur telah lewat, orang Yahudi ini bertemu dengan seorang laki-laki di pasar. Ia lalu bertanya kepadanya entang keberadaan Umar. Orang itu menjawab, “Biasanya, Umar beristirahat di bawah sebuah pohon kurma berdaun rimbun yang ada di depan masjid untuk melepas lelah.“ Orang Yahudi itu pun segera menuju ke arah pohon kurma itu. Sesampainya di sana, ia sangat terkejut karena hanya mendapati seorang laki- laki berpakaian lusuh sedang terbaring.

Umar terbangun, ia lalu bertanya pada orang Yahudi itu. Orang Yahudi itu lalu mengatakan kedatangannya ingin bertemu Khalifah Umar. Umar mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang ia cari. Orang Yahudi itu awalnya tidak percaya. Namun setelah memperhatikan Umar dengan saksama, ia akhirnya percaya. Ia sangat kagum dengan kepribadian Umar yang sangat sederhana. Ia lalu mengadukan masalahnya. Umar lalu memberikan jalan keluar dari masalahnya itu. Akhirnya, orang Yahudi itu menyatakan diri masuk Islam setelah menyaksikan keindahan akhlak Khalifah Umar bin Khattab.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *