preloader

Kisah Teladan: Keutamaan Shalawat

Halo Soba Cerdas, seringkah kamu bershalawat? Shalawat nabi adalah doa yang bisa kita panjatkan untuk Rasulullah SAW. Pada suatu masa, ada sebuah kisah tentang pertolongan yang didapatkan seseorang dari Rasulullah SAW akibat rajin membaca shalawat. Meskipun begitu, jangan lupa membaca doa lainnya dan menjalankan keutamaan ibadah kepada Allah SWT juga ya. Kita simak kisahnya yuk. 🙂

Dikisahkan ketika sedang melakukan thawaf, Sufyan Ats tsauri melihat seorang laki-laki yang ketika mengangkat atau meletakkan kakinya selalu membaca shalawat. Ia kemudian menegur laki-laki itu, “Hai, apakah kamu telah meninggalkan bacaan tasbih (Subhaanallah) dan tahlil (La Ilaaha Illallah) sehingga kamu hanya membaca shalawat? Apakah kamu memiliki keterangan tentang hal itu?”

Laki-laki itu kemudian menjelaskan sesuatu kepada Sufyan. Konon, ketika dia pergi haji bersama ayahnya, tiba-tiba ayahnya jatuh sakit hingga meninggal dunia. Namun laki-laki itu sangat terkejut karena tiba-tiba wajah ayahnya berubah sangat hitam. Ia sangat sedih sekali. Ia spun segera menutupinya dengan sebuah kain. Tak lama kemudian, ia tertidur.

Dalam tidurnya, ia bermimpi ada seorang yang sangat bagus rupanya, sangat bersih pakaiannya, dan harum baunya mendekati jenazah ayahnya. Orang itu mengusap wajah ayahnya. Seketika itu juga wajah ayahnya kembali menjadi putih. Lalu dia bertanya padanya, “Siapakah Anda?” Orang itu menjawab, “Aku adalah Muhammad saw yang membawa Al-Quran.

Semasa hidupnya, ayahmu banyak melakukan dosa dan menuruti hawa nafsunya. Namun, ayahmu banyak membaca shalawat untukku. Dalam keadaan demikian, ayahmu meminta bantuaku. Aku pun segera datang menolongnya.”

Tak lama kemudian, laki-laki itu terbangun dari tidurnya. Ia sangat terkejut ketika mendapati wajah ayahnya kembali menjadi putih seperti yang dilihatnya dalam mimpi.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *