preloader

Kisah Teladan: Akibat Sebuah Persengkokolan

Sobat Cerdas, percayakah kamu jika segala perbuatan baik maupun perbuatan buruk akan mendapatkan balasan yang setimpal? Entah balasan di dunia atau di akhirat nanti. Berikut ini terdapat kisah tentang seorang pembela Islam bernama Syam’un dan istrinya yang berkhianat. Dari kisah di bawah kita bisa memetik pelajaran bahwa perbuatan buruk seperti berkhianat dan persengkokolan malah akan merugikan, dan perbuatan baik seperti perjuangan membela Islam yang dilakukan Syam’um akan berbuah hal baik juga seperti mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. 🙂

Alkisah, ada seorang laki-laki Bani Israil bernama Syam’un. Ia dikenal sebagai pejuang Islam yang sangat berani dan sulit dikalahkan. Orang-orang kafir kemudian menjadikan istri Syam’un sebagai alat untuk mengalahkannya dengan iming-iming perhiasan emas. Akhirnya, istri Syam’un terbujuk oleh hadiah emas.

Malam harinya, istrinya mengikat seluruh tubuh Syam’un dengan tali yang kuat. Namun, Syam’un dapat melepaskan tali-tali itu dengan mudah ketika terbangun. Ia kemudian bertanya kepada suaminya di mana letak kelemahannya. Syam’un mengatakan bahwa kelemahannya terletak pada delapan jambul di kepalanya.

Keesokan malamnya, ketika Syam’un tertidur pulas, istrinya diam-diam memotong jambul suaminya itu. Ia lalu mengikatkan jambul di tangan dan kaki suaminya. Ketika terbangun, Syam’un pun tidak berdaya.

Begitu mengetahui Syam’un tidak berdaya, orang-orang kafir segera menangkap Syam’un. Mereka lalu menyiksanya. Tidak berhenti sampai di situ, mereka berencana menggantung tubuh Syam’un ke tiang gantungan. Namun sebelum digantung, Syam’un berdoa pada Allah agar ia dapat melepaskan diri dari yang menjeratnya. Karena selama ini Syam’un telah berjuang melawan orang kafir, Allah pun mengabulkan permintaannya. Syam’un dapat melepaskan diri dari tali-tali yang menjeratnya. Ia lalu dengan cepat menghancurkan tiang gantungan. Tiang gantungan itu menimpa semua orang kafir. Mereka pun meninggal, termasuk istrinya yang telah berkhianat.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *