preloader

Kisah Teladan: Keutamaan Para Muazin

Sobat Cerdas, siapa di antara kamu yang pernah mengumandangkan azan atau seruan untuk shalat? Jangan ragu untuk melakukan hal yang mulia ini ya. Tahukah kamu jika seorang muazin (sebutan untuk orang yang mengumandangkan azan) akan mendapatkan keistimewaan? Simak cerita di bawah dulu yuk buat tahu keistimewaannya. 🙂

Ketika Abdullah bin Zaid mendapatkan mimpi tentang azan dan diajarkan kepada Bilal bin Rabah, Rasulullah saw lalu menyuruh Bilal naik ke tingkat atas rumah untuk menyerukan azan. Ketika Bilal mulai mengumandangkan azan, terdengar suara gemuruh di kota Madinah. Rasulullah, yang saat itu berkumpul bersama para sahabat, bersabda, ”Tahukah kalian tentang suara gemuruh itu?”

Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah menyuruh supaya dibuka pintu-pintu langit sampai ke Arsy untuk menyambut azan Bilal.”

Abu Bakar yang saat itu berada bersama Rasulullah saw berkata, “Apakah hal itu khusus untuk Bilal, Ya Rasul?” Rasulullah saw menjawab, “Bahkan untuk semua muazin (orang yang mengumandangkanazan). Ruh para muazin itu berkumpul dengan para syuhada’ (orang-orang yang mati syahid). Maka pada hari kiamat akan ada seruan, ‘Dimanakah para Muazin? Maka berdirilah mereka di atas bukit Misik (Kasturi) dan Kapur Barus.”

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *