preloader

Kisah Teladan: Mengejar Kehalalan Mendatangkan Berkah

Sobat Cerdas, hari ini ada cerita yang menarik banget nih. Perihal seseorang yang dengan tulus “mencari kehalalan” atas apa pun yang sudah dia dapatkan. Orang tersebut bernama Tsabit bin An-Nu’man, meskipun pada saat itu beliau “hanya” memakan sebuah apel, beliau menyadari jika itu bukan haknya dan berusaha meminta kehalalan dari yang mempunyai buah apel tersebut. Ternyata, kejujurannya berbuah berkah.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memastikan yang kita konsumsi adalah hak kita ya, Sobat Cerdas. Yuk kita petik pelajaran berharga dari cerita di bawah ini:

Suatu hari, seorang salaf yang shalih bernama Tsabit bin An-Nu’man merasa sangat lapar. Ia kemudian berjalan menyusuri sebuah sungai. Tiba-tiba ia melihat sebuah apel hanyut dalam sungai itu. Maka ia segera mengambil dan memakan apel itu. Ketika selesai makan, ia baru tersadar bahwa apel yang dimakannya itu bukan miliknya. Ia pun segera mencari pemilik buah apel itu.

Setelah lama mencari, akhirnya Tsabit sampai pada sebuah rumah yang di depannya terdapat sebuah pohon apel. Ia lalu bertemu dengan si pemilik apel. Tsabit lalu mengatakan bahwa ia telah memakan apel si pemilik. Oleh karena itu, ia meminta si pemilik menghalalkan apel yang telah dimakannya.

Pemilik apel mau memenuhi permintaan Tsabit dengan syarat ia mau bekerja di rumahnya. Tsabit pun menyetujuinya. Setelah setahun bekerja, Tsabit meminta kehalalan sang pemilik apel. Namun sang pemilik belum dapat menghalalkannya, kecuali ia mau menikahi putrinya yang cacat.

Demi mencari kehalalan, Tsabit lalu menyetujui permintaan tuan rumah. Ia lalu menikah dengan putri si tuan rumah. Saat menemui istrinya di kamar, ia sangat terkejut ketika yang ditemuinya ternyata adalah wanita yang sangat cantik. Tsabit sangat bersyukur kepada Allah. Selain mendapatkan kehalalan apel yang telah dimakannya, ia mendapatkan istri yang shalihah.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *