preloader

Kisah Teladan: Khalifah yang Amanah

Alkisah, ada seorang pemimpin bernama Umar bin Abdul Aziz yang sangat menjunjung tinggi amanah, salah satunya yaitu dengan prinsipnya yang tidak mau menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadinya saja. Sobat Cerdas, kita simak dulu salah satu kisah yang menginspirasi ini yuk, tentang bagaimana beliau berusaha menjaga apa yang bukan haknya untuk benar-benar bisa sampai kepada yang berhak saja.

Umar bin Abdul Aziz adalah khalifah yang sangat menjaga amanah sebagai seorang pemimpin. Beliau anti menggunakan fasilitas negara atau fasilitas milik kaum Muslimin untuk kepentingan pribadi.

Suatu ketika, Umar ingin memakan roti dan madu. Ia lalu bertanya pada istrinya apakah ia memiliki madu. Sang istri mengatakan bahwa madunya habis. Umar hanya tersenyum mendengar jawaban istrinya. Ia kemudian kembali menjalankan tugasnya. Namun tak lama, istrinya datang membawa roti dan madu. Umar lalu memakan roti dan madu dengan penuh kenikmatan. Selesai makan, ia bertanya pada istrinya, “ Darimana kamu mendapatkan madu ini?”

“Aku menyuruh dua orang budakku untuk membeli madu. Mereka pergi mengendarai kendaraan pos yang biasa digunakan untuk mengantarkan surat,” jawab istrinya.

Umar sangat terkejut mendengar penjelasan istrinya. wajahnya tiba-tiba memerah karena menahan amarah. Umar tidak ingin menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi. Oleh karena itu, ia segera membawa wadah berisi madu itu ke toko. Ia lalu menjual madu itu dan uangnya diserahkan ke baitul mal. Hal itu sebagai ganti telah menggunakan kendaraan milik kaum Muslimin.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *