preloader

Kisah Teladan: Darmawan Bertemu Darmawan

Menjadi darmawan adalah pilihan, entah itu dengan bersedekah, membantu orang lain tanpa pamrih, atau sekadar menjamu tamu dengan hidangan terbaik yang dimiliki.

Kisah kali ini bercerita tentang seorang wanita yang memperlakukan tamunya dengan sangat darmawan. Meskipun dia tidak mempunyai banyak harta, wanita ini tetap menyuguhkan hidangan terbaik untuk tamunya dengan apa yang dia miliki. Terlebih lagi, wanita ini tidak mengharapkan balasan.

Kita simak yuk Sobat Cerdas cerita mengagumkan wanita darmawan yang bertemu dengan tamu yang juga darmawan ini. πŸ™‚

Di suatu kampung, hiduplah seorang wanita tua bersama anak laki-lakinya. Mereka dikenal sebagai orang yang dermawan dan sangat menghormati tamu. Suatu hari, seorang pengendara kuda bertamu ke rumahnya. wanita tua itu segera menyambut tamunya dengan ramah. Ia membantu tamunya turun dari kuda dan mempersilakannya masuk ke rumah.

Tak lama kemudian, anak laki-laki wanita tua itu datang. Ia lalu menyuruh anaknya menyembelih seekor kijang yang dimilikinya. Anak laki-laki itu segera menyembelih kijang itu. Ia pun membersihkan dan memasak dagingnya. Setelah masak, ia menghidangkannya pada tamu itu. Rupanya, tamunya mengetahui bahwa wanita itu tidak memiliki makanan apapun. Namun demi menjamu tamunya, ia rela menyembelih satu-satunya kijang yang dimilikinya.

Setelah selesai makan, tamunya berkata pada wanita tua itu, β€œBu, saya adalah Hatim ath-Tha’i. Karena Anda telah menjamu saya, saya mengundang Anda untuk datang ke rumah. Saya akan menjamu Anda.”

Wanita tua itu berkata, β€œSaya menjamu Anda bukan untuk mendapatkan ganti. Saya melakukannya semata-mata karena Allah.” Hatim ath-Tha’i sangat kagum dengan kedermawanan dan kebaikan wanita tua itu.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *