preloader

Kisah Teladan: Air Tuba Dibalas dengan Air Susu

Sobat Cerdas, apakah kamu setuju jika kejahatan tidak harus dibalas dengan kejahatan? Apa pun yang orang lain lakukan pada kamu atau bagaimana pun sikap mereka, berusahalah untuk selalu menjadi orang baik, ya! Jangan juga memandang status seseorang untuk bersikap baik, karena kita tidak pernah bisa tahu apa yang akan terjadi ke depannya.

Berikut ini ada sebuah kisah tentang seorang tentara yang bertemu dengan kebaikan seorang ulama. Yuk kita simak dan bkita petik pelajarannya! 🙂

Suatu hari Ibrahim bin Adham (seorang ulama) pergi ke padang pasir yang sangat luas. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan seorang tentara. Tentara itu bertanya di mana ia dapat menjumpai kampung yang paling ramai. Ibrahim bin Adham menjawab, ”Kuburan”. Tentara itu marah dan memukul kepala Ibrahim bin Adham.

Tak lama kemudian, tentara itu bertemu dengan seorang laki-laki yang mengenal Ibrahim. Laki-laki itu berkata, ”Tahukah kamu, orang yang yang kamu pukul adalah Ibrahim bin Adham, seorang ulama dari Khurasan?” Si tentara sangat terkejut. Ia merasa menyesal telah berlaku kasar terhadap sang ulama.

Ia lalu pergi meminta maaf kepada Ibrahim bin Adham. Ibrahim lalu berkata kepada tentara itu, “Ketika kamu memukulku, aku mendoakanmu agar Allah memasukkanmu ke dalam surga.”

“Kenapa demikian?” tanya si tentara.

Ibrahim lalu menjawab, “Karena aku akan memperoleh pahala dari Allah karena kau telah memukulku. Aku tidak ingin menjadi baik dengan kerugianmu.”

Tentara itu merasa takjub dengan akhlak yang dimiliki sang ulama. Seolah-olah, sang ulama itu telah membalas air tuba dengan air susu (membalas kejahatan dengan kebaikan).

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *