preloader

Kisah Teladan: Kerugian Berbohong

Sobat Cerdas, pernahkah kamu mendengar kalimat yang menyatakan bahwa “barang siapa yang sekali saja berbohong, sulit baginya mendapat kepercayaan kembali dari orang lain“? Kalimat itu benar adanya lho.

Seseorang yang pernah membohongi orang lain akan sulit dipercaya karena orang-orang akan mengira bahwa ia bisa saja berbohong lagi. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari diri dari kebohongan ya, Sobat Cerdas! Selain merugikan orang lain, hal ini juga bisa merugikan diri kamu sendiri. Seperti yang terjadi pada kisah seorang pengembala yang akan diuraikan di bawah ini. πŸ™‚

Di sebuah kampung, hidup seorang penggembala yang setiap hari menggembalakan kambing-kambingnya.

Suatu hari ia ingin berbuat iseng kepada penduduk kampung. Tiba-tiba ia berteriak keras, β€œTolooong… serigala menerkam kambing-kambingku.” Teriakan penggembala itu menggemparkan penduduk desa. Para penduduk desa langsung menuju tempat si penggembala. Mereka membawa senjata. Ketika sampai ke tempat si pengembala, mereka tidak mendapati apa-apa, kecuali si penggembala yang tertawa dan berkata bahwa ia hanya bercanda.

Hal serupa dilakukan si penggembala pada hari berikutnya. Pada hari ketiga, serigala benar-benar datang menerkam dan memakan kambing-kambinnya. Si penggembala berteriak meminta tolong tapi tak seorang pun datang menolong karena para penduduk menduga si penggembala hanya ingin mengelabui mereka lagi.

Akhirnya si penggembali tertunduk lesu dan sedih menyaksikan kambing-kambingnya habis dimakan serigala.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *