preloader

Kisah Teladan: Cara Mendapatkan Pahala Sedekah

Sobat Cerdas, sudahkah kamu bersedekah hari ini? Tahukah kamu jika bersedekah membuahkan pahala dan bisa menjadi salah satu tiket ke surga?

Sedekah bisa melalui berbagai bentuk lho, Sobat Cerdas. Ada sedekah uang, sedekah barang, hingga sedekah perbuatan. Apa pun hal baik yang kamu lakukan dengan niat tulus dan rasa ikhlas adalah sedekah. Jadi jangan berkecil hati jika kamu merasa belum dapat membantu orang lain dengan materi, bantuan moral hingga doa dan iman yang kuat akan tetap membuahkan pahala untukmu. Seperti kisah yang terjadi pada salah satu sahabat Rasulullah SAW. Kita simak kisah di bawah yuk. 🙂

Rasulullah SAW dikenal suka bersedekah. Allah SWT akan melipatgandakan nikmatnya pada manusia yang mau bersedekah. Suatu ketika dalam sebuah majelis, beliau menganjurkan kepada para sahabat dan orang yang hadir untuk bersedekah. Begitu menerima anjuran Rasulullah SAW, para sahabat dan orang-orang segera bersedekah. Terkecuali Abu Umamah al-Bahili. Ia tetap duduk di majelis Nabi saw sambil menggerak-gerakkan bibirnya. Ia seperti sedang mengucapkan sesuatu.

Rasulullah SAW lalu bertanya, ”Mengapa kau mengggerak-gerakkan bibir?” Abu Umamah pun menjawab, ”Ya Rasulullah, saya melihat orang-orang bersedekah. Namun
saya tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan. Maka saya membaca subhaanallah walhamdulillah wa laa ilaaha ilaallah wallahu akbar.”

Mendengar penuturan Abu Umamah, Rasulullah SAW kemudian bersabda, ”Hai Abu Umamah, kalimat tu lebih baik bagimu daripada sedekah satu mud emas kepada orang-orang miskin.” Abu Umamah merasa lega. Meskipun ia tidakmemiliki sesuatu untuk disedekahkan, setidaknya ia masih dapat melakukan suatu kebaikan yang berpahala.

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *