preloader

Kisah Teladan: Kalung Emas Tiket Ke Surga

Sobat Cerdas, kembali lagi dengan Kisah Teladan bersama Guru Ahli biar kamu enggak cuma jadi Sobat yang cerdas tapi Sobat yang teladan juga. 🙂

Kali ini kisahnya mengangkat tema sedekah yang berbuah pahala, di mana sedekah dalam bentuk apa pun itu–selama diberikan dengan tulus–pasti akan dilipatgandakan nantinya, entah dalam bentuk pahala atau wujud lainnya. Seperti yang terjadi pada Fatimah yang merelakan kalung emasnya untuk menolong seseorang yang membutuhkan. Kita simak kisah di bawah yuk!

Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah SAW. Ia memohon agar beliau memberikan makanan. Rasulullah yang saat itu tidak memiliki makanan menyuruh laki-laki itu menemui Fatimah. Fatimah saat itu hanya memiliki sebuah kalung emas pemberian bibinya. Ia lalu memberikannya kepada laki-laki itu. Laki-laki itu lalu menemui Rasulullah dan memperlihatkan kalung emas itu kepada beliau. Tak Lama kemudian, Abdurrahman bin Auf datang. Ia membeli kalung emas itu. Laki-laki itu pun berterimakasih kepada Rasulullah dan pamit pulang.

Beberapa hari kemudian, utusan Abdurrahman bin Auf bernama Saham datang. Ia membawa pesan dari tuannya untuk memberikan kalung emas dan seorang budak pada Rasulullah. Rasul pun menerima pemberian itu dan memerintahkan Saham agar memberikan kalung emas itu pada Fatimah. Saham lalu menemui Fatimah. Fatimah berkata pada Saham, “Aku menerima kalung ini dan aku memerdekakanmu.” Budak yang telah dimerdekakan itu berkata pada Fatimah, “Saya sangat senang menyaksikan sedekah dari tangan ke tangan berikutnya. Kalung emas itu kembali padamu. Sementara itu, sedekahmu telah mengayakan orang miskin dan mendatangkan pahala bagi Abdurrahman bin Auf. Bahkan, kini kau telah membebaskanku. Maka karena kalung ini juga kamu akan masuk surga.”

Sumber Cerita: pustaka-indo

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *