preloader

Siap Menyambut Hari Guru Nasional? Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Hari Guru Nasional sebentar lagi nih, Sobat Cerdas! Kamu sudah tahu belum makna, maupun fakta seputar peringatan hari guru? Yuk kita simak artikel ini!

Sejarah Hari Guru Nasional

Pada awalnya, Hari Guru Nasional diprakarsai oleh PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), sebuah organisasi besar yang menjadi perhimpunan guru-guru di Indonesia. PGRI didirikan setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah. Saat itu, diadakan lah sebuah kongres besar yang bernama Kongres Guru Indonesia yang pada akhirnya membangkitkan semangat para guru untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan juga mempererat persatuan profesi guru di Indonesia.

Kongres Guru Indonesia bisa diselenggarakan hanya dalam tenggat waktu beberapa bulan sejak Indonesia merdeka karena sebelumnya sudah ada organisasi guru yang dibentuk oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1912, bernama PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda). PGHB pun berubah nama menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia) pada tahun 1932 untuk meningkatkan semangat nasionalisme. Hingga akhirnya bertransformasi menjadi PGRI, setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Kini, umur PGRI dan Hari Guru Nasional sendiri sudah sama seperti umur kemerdekaan Indonesia yaitu 77 tahun dan hari peringatannya di tahun 2022 ini jatuh pada tanggal 25 November 2022. Tahun ini, Hari Guru Nasional mengusung tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Kemerdekaan Belajar”, dengan harapan untuk membangkitkan semangat para tenaga didik untuk memulihkan pendidikan di Indonesia.

Kenapa Hari Guru Nasional Harus Ada?

Peringatan hari besar maupun penting biasanya disebabkan oleh value sejarah atau pun dampak yang ingin diberikannya. Nah, seperti yang sudah kita bahas di atas, Hari Guru Nasional diselenggarakan tepat dengan kelahiran organisasi PGRI yang bersejarah. Selain itu, diselenggarakannya Hari Guru Nasional juga diharapkan bisa meningkatkan semangat kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama untuk para guru.

Hari Guru Nasional juga bisa dijadikan sebagai ajang apresiasi untuk para guru yang selama ini disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Biasanya, Hari Guru Nasional dirayakan dengan melakukan upacara peringatan.

Bagaimana, Sobat Cerdas? Apakah kamu sudah siap menyambut Hari Guru Nasional? Apa yang akan kamu lakukan untuk menunjukkan apresiasi pada para guru tercinta?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *