preloader

Kesadaran Akan Pangan Sangat Penting Untuk Keberlangsungan Hidup

Ambil langkah kecil untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan bagi semua

Ada berbagai prediksi tentang situasi global ke depan yang sama bahwa banyak negara di dunia yang rakyatnya terancam menghadapi kerawanan pangan akut. Hampir tiga tahun pandemi, krisis iklim, terputusnya rantai pasokan internasional, di antaranya meningkatnya ketidaksetaraan dan kenaikan harga pangan, lalu konflik dan perang di Ukraina telah membawa dampak krisis ekonomi, energi dan pangan ke seluruh dunia.

Mau tidak mau, kita pun harus menghadapinya dengan meningkatkan ketahanan pangan. Jauh-jauh hari sebelumnya, jalan menuju ketahanan pangan itu sudah kita persiapkan. Salah satunya dengan membangun infrastruktur di bidang pertanian, dari bendungan, embung, hingga jaringan irigasi yang mendukung produksi pertanian nasional.

Tepat pada tanggal 16 Oktober 2022, masyarakat dunia memperingati Hari Pangan Sedunia. Adanya peringatan ini, agar meningkatkan perhatian dan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya penanganan masalah pangan, baik di tingkat regional, nasional bahkan global sekali pun. Peringatan Hari Pangan Sedunia ini sendiri berawal dari Konferensi FAO (Food and Agriculture Organization) PBB yang ke-20 di Roma, Italia. Dalam konferensi ke-20 ini, dicetuskan resolusi No 179 mengenai World Food Day dan pada tahun 1979 FAO menetapkan tanggal 16 Oktober sebagai peringatan Hari Pangan Sedunia. Akan tetapi, peringatan ini baru dilaksanakan mulai dari tahun 1981. Ide perayaan Hari Pangan Sedunia diusulkan oleh mantan Menteri Pertanian dan Pangan Hongaria Dr Pal Romany. Hari Pangan Sedunia dirayakan oleh lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Mengingat umat manusia sepenuhnya bergantung pada makanan (pangan) maka sudah saatnya kita berhenti menyia-nyiakannya ya sobat cerdas. Hindari makanan cepat saji dan mulai lah mengonsumsi makanan sehat. Jadilah manusia bijaksana terkait kebutuhan pangannya sendiri maupun orang lain. Marilah kita saling peduli. Semoga kebutuhan pangan di Tanah Air bisa terpenuhi dan masyarakat hidup sejahtera. Mari bersama lakukan aksi nyata untuk mewujudkan dunia tanpa kelaparan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *