preloader

SNMPTN & SBMPTN Punya Nama Baru?! Yuk Berkenalan dengan SNBP & SNBT!

Kabar baru dan PENTING buat kamu nih, Sobat Cerdas yang mau mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun depan: SNMPTN dan SBMPTN sudah tidak ada, digantikan dengan SNBP dan SNBT! Berdasarkan Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana, istilah seleksi masuk PTN kini menjadi:

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), sebelumnya SNMPTN
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), sebelumnya SBMPTN

Apa itu SNBP dan SNBT?

Pada dasarnya, SNBP dan SNBT sama dengan SNMPTN dan SBMPTN kok, guys. Nama atau penyebutannya saja yang berubah. Selain itu, cara seleksinya juga sama secara garis besar, dengan menerapkan skema penilaian seperti yang sebelumnya pernah di-update di artikel ini. Agar lebih “kenal” dengan kedua istilah ini, Guru Ahli bahas secara singkat lagi ya mengenai skema seleksi dan penilaian keduanya.

SNPB (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

Sama dengan SNMPTN, seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang satu ini mengandalkan nilai rapor dan prestasi, entah itu prestasi akademik maupun non-akademik. Skema penilaiannya meliputi 50% nilai rapor secara keseluruhan, dan 50% prestasi siswa dari minat dan bakat.

SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)

Sama dengan SBMPTN, seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang satu ini mengandalkan hasil seleksi yang diselenggarakan serempak secara nasional, dengan menggunakan tes terstandar berbasis komputer. Yang berbeda dengan update skema penilaian sebelumnya adalah, kali ini SNBT bisa diselenggarakan beberapa kali dalam setahun, dan setiap siswa bisa mengikuti tesnya maksimal dua kali! Menarik, bukan? Kamu jadi bisa mendapatkan lebih dari satu kali kesempatan untuk mengikuti seleksi masuk ke universitas negeri impianmu!

Jenis tesnya pun menjadi lebih sederhana dengan hanya menerapkan soal Tes Potensi Skolastik (TPS) yang langsung merangkum kemampuan siswa dalam Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana, Sobat Cerdas? Sudah siap kah kamu menyambut SNPB dan SNBT tahun depan? Yuk gabung dengan Guru Ahli sekarang untuk mempersiapkan dirimu dengan baik menuju seleksi masuk perguruan tinggi negeri 2023!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *