preloader

Selamat Hari Kesaktian Pancasila

Dengan berlandaskan Pancasila, kita wujudkan persatuan bangsa di keanekaragaman Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI. Diketahui pada peristiwa tersebut, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh Tentara Nasional Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila.

Zaman boleh berubah, gaya hidup berganti, arus globalisasi menderas, tetapi bangsa Indonesia akan tetap berpegang teguh pada Pancasila dan segenap nilai-nilai yang dikandungnya. Ideologi yang digali dan dirumuskan oleh para pendahulu dari akar dan akrakter bangsa Indonesia sendiri, telah terbukti mampu menjadi tameng menghadapi aneka tantangan yang mengancam persatuan dan kemajemukan kita.

Mari bersatu menjaga keutuhan negara dengan mengamalkan sila-sila Pancasila agar kesaktiannya semakin nyata. Pancasila membuat perbedaan menjadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman menjadi keindahan. Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022!

“Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat.”

 – Ir Soekarno

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *