preloader

Tetaplah Tenang

Sikap tenang merupakan salah satu bentuk pengendalian diri

Ketika sekelompok penambang sibuk bekerja di dalam goa, tiba-tiba aliran listrik terputus dan suasana menjadi gelap gulita. Kekacauan pun terjadi karena setiap orang berusaha untuk mencari jalan keluar dan mereka saling bertabrakan. Untung di tengah kekacauan itu, pemimpin mereka berkata; “Sebaiknya kita semua duduk tenang sambil menemukan cara untuk keluar dari tempat ini”

Mereka pun serentak duduk dalam hening. Tidak lama kemudian, mereka merasakan embusan angin yang berasal dari luar tambang. Dengan mengikuti arah datangnya angin, mereka akhirnya keluar dengan selamat dari goa yang gelap gulita itu. Situasi tersebut menunjukkan bahwa orang yang mampu bersikap tenang akan dapat menghadapi masalah dengan lebih baik.

Sebaliknya, orang yang tidak bisa bersikap tenang cenderung selalu berpikiran negatif, sehingga keputusan yang diambil pun menjadi keliru, bahkan menimbulkan masalah baru yang bisa memperburuk masalah sebelumnya. Kita masih dihadapkan pada masalah dan tekanan hidup dengan segala bentuknya. Namun, tidak seharusnya kita kehilangan rasa tenang. Mungkin selama ini kita masih sering dikalahkan oleh masalah. Bukan karena kita terlalu lemah atau masalahnya yang terlalu berat, tetapi karena sikap kita yang sering panik, gugup, cemas, khawatir, takut, bingung, lalu berusaha meminta pertolongan kesana-kemari

Ingatlah bahwa ketenangan bukanlah sebuah keadaan, tetapi sebuah keputusan. Dengan kata lain, meskipun situasi terlihat semakin sulit dan menakutkan, kita bisa membuat sebuah keputusan untuk tetap bersikap tenang. Maka mulai sekarang, bisa belajar untuk mengendalikan diri ya sobat cerdas.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *