preloader

Ini Dia Beberapa Jurusan Teknik yang Bisa Kamu Pilih

Sobat Cerdas, tahukah kamu kalau Jurusan Teknik terbagi ke dalam beberapa jenis? Jurusan Teknik sendiri merupakan salah satu jurusan di universitas yang mempelajari tentang pembuatan/pembangunan berbagai hal yang mempermudah kehidupan manusia. Entah itu teknologi, transportasi, sumber daya, hingga fasilitas umum. Yup, cakupan ilmu teknik bisa dibilang sangat luas! Tidak heran jika ilmu teknik terbagi ke dalam beberapa penjurusan yang cukup beragam di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Berikut ini adalah beberapa Jurusan Teknik yang bisa kamu pilih:

  1. Teknik Mesin
    Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari berbagai hal yang menyangkut fungsi mesin dengan menggunakan dasar ilmu fisika dan matematika. Pembelajarannya juga akan terpusat pada menganalisa, merancang, hingga mengetahui sistem pemeliharaan mekanik yang baik.
  2. Teknik Elektro
    Jurusan teknik yang satu ini berfungsi pada sistem kelistrikan. Mulai dari mempelajari tentang listrik itu sendiri dengan berbagai perhitungannya, hingga mempelajari pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini juga mempelajari cara mendesain atau merancang berbagai komponen listrik.
  3. Teknik Sipil
    Jurusan Teknik Sipil lebih berfokus pada manufaktur, pengelolaan, hingga perancangan berbagai fasilitas atau sistem yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya, khususnya di perkotaan dan pedesaan. Pada dasarnya, jurusan ini mempelajari “sistem” dan bagaimana cara merancang “sistem” itu sendiri untuk membantu kehidupan masyarakat luas.
  4. Teknik Industri
    Jurusan teknik yang satu ini mempelajari bagaimana memaksimalkan kegiatan manusia dari berbagai aspek seperti ekonomi, produksi, hingga manajemen. Cakupannya berpusat pada strategi, pendekatan matematis, hingga desain manajemen perusahaan.
  5. Teknik Hidrologi
    Tahukah kamu bahwa air (hidrologi) pun dipelajari secara teknik? Jurusan ini mempelajari berbagai hal terkait kuantitas dan kualitas air, pergerakan air, distribusi air, perancangan sumber daya air, hingga pemahaman proses dan pengukurannya.
  6. Teknik Perminyakan
    Lebih mengerucut lagi, ada juga jurusan teknis yang mempelajari tentang perminyakan, atau segala sesuatu mengenai minyak bumi, gas alam, dan panas bumi.
  7. Teknik Perkapalan
    Pernah bercita-cita untuk kerja di atas kapal? Atau jadi orang yang berkontribusi atas teknik maupun pembuatan salah satu moda transportasi laut terbesar di dunia ini? Mungkin kamu harus masuk kuliah jurusan Teknik Perkapalan!
  8. Teknik Penerbangan
    Jurusan yang satu ini cocok untuk kamu yang senang mempelajari cara pembuatan pesawat, hingga bagaimana pengoperasian pesawat itu sendiri. Pernah bercita-cita jadi pilot? Ini dia jurusan yang tepat untukmu!
  9. Teknik Lingkungan
    Jurusan ini mempelajari cara menciptakan lingkungan yang sehat dengan ruang lingkup yang cukup luas. Di antaranya yaitu mengendalikan pencemaran, memelihara kehijauan, sistem drainase, dan sebagainya.
  10. Teknik Informatika
    Teknik Informatika atau yang biasa disebut juga dengan IT (Information Technology) merupakan salah satu jurusan teknik yang populer. Lingkup pembelajarannya meliputi Computer Science, Software Engineering, dan semacamnya.

Wah, ternyata banyak sekali ya macam-macam jurusan teknik! Dari kesepuluh daftar di atas, ada yang “kamu banget” gak nih? Apapun pilihanmu, jangan lupa belajar bareng Guru Ahli biar lulus SBMPTN ke universitas impianmu!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *