preloader

Mau Kuliah S2 Gratis di Inggris? Yuk Daftar Beasiswa Chevening!

Siapa di antara kamu yang pernah bermimpi untuk kuliah di Inggris? Negara yang kental sekali dengan kesan elegan ini akan selalu memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris sekaligus mempelajari kebudayaannya secara langsung. Nah, kenapa hanya menjadikannya “mimpi” saja ketika kamu punya kesempatan untuk mewujudkan mimpimu jadi nyata dengan Beasiswa Chevening?!

Beasiswa Chevening adalah salah satu program beasiswa terpoluler dan terpercaya untuk pendidikan S2 di Inggris, yang ditujukkan khusus untuk mahasiswa internasional (berasal dari luar Inggris) berprestasi. Beasiswa ini diselenggarakan melalui kerja sama Kantor Luar Negeri, Persemakmuran & Pembangunan, dan Organisasi Mitra di Inggris, dengan pembiayaan penuh–mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, hingga tiket pulang-pergi dari negara asal. Dengan tingginya value serta penawaran yang diberikannya, tidak heran jika persaingan untuk seleksi masuk beasiswa ini pun sangat tinggi dan kompetitif. Tahun ini pun, pendaftaran kembali dibuka dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Menjadi warga negara dari negara atau wilayah yang memenuhi syarat Chevening
  2. Bersedia kembali ke negara asal minimal dua tahun setelah beasiswa berakhir
  3. Telah menyelesaikan gelar sarjana (S1) dan memiliki IP 3.5 atau 3.0
  4. Memiliki setidaknya dua tahun (setara dengan 2.800 jam) pengalaman kerja
  5. Pelamar mendaftar ke tiga program studi berbeda di universitas Inggris serta mendapatkan LoA Unconditional dari salah satu pilihan paling lambat 13 Juli 2023

Jika kamu merasa memenuhi atau bisa memenuhi kriteria di atas, kamu bisa langsung mendaftarkan dirimu melalui website www.chevening.org/apply. Jika lolos tahap seleksi dokumen, kamu akan mendapatkan undangan untuk mengirimkan referensi, serta menghadiri tahap wawancara dengan kedutaan Inggris secara tatap muka.

Timeline/jadwal lengkap proses seleksi bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Pendaftaran: 2 Agustus-1 November 2022. 
  2. Seleksi administrasi kandidat yang akan diwawancara: 2 November 2022-Februari 2023. 
  3. Batas akhir penyerahan dokumen pendukung: Februari-April 2023. 
  4. Wawancara: 27 Februari-28 April 2023. 
  5. Pengumuman: Juni 2023.
  6. Batas penawaran beasiswa: 13 Juli 2023. 
  7. Perkuliahan dimulai: September/Oktober 2023. 

Masih ada waktu sekitar dua minggu lagi nih, Sobat Cerdas, sebelum pendaftaraan ditutup! Yuk buruan daftar sekarang, semoga beruntung!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *