preloader

Mengenal Tipe Kepribadian MBTI

Sobat Cerdas, kamu pasti pernah ikut satu atau dua tes/kuis yang bisa menilai kepribadian. Entah untuk mempelajari psikologi, sebagai syarat untuk masuk sebuah instansi, atau sekadar iseng-iseng saja. Percaya atau tidak, beberapa tes kepribadian ini bisa memberikan hasil yang sangat akurat loh! Hal ini disebabkan oleh turut sertanya ilmu psikologi dalam menganalisa berbagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Nah, salah satu tes kepribadian yang paling populer dan akurat di antara semuanya adalah MBTI.

Apa Itu MBTI?

MBTI (Myers Briggs Type Indicator) adalah metode pengukuran atau indikator yang digunakan untuk “melihat” dan menganalisa kepribadian seseorang, terutama dalam cara berpikir dan mengambil keputusan. Analisa psikologi yang dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya pada tahun 1962 ini telah digunakan oleh ratusan juta orang dari seluruh dunia, dengan rata-rata 1,5 juta orang yang mengambil test MBTI setiap tahunnya.

Pada dasarnya, MBTI terbagi ke dalam beberapa pendekatan yaitu Extrovert (E) vs Introvert (I), Sensing (S) vs Intuition (N), Thinking (T) vs Feeling (F), hingga Judging (J) vs Perceiving (P). Beberapa pendekatan tersebut membentuk 4 kelompok kepribadian yang terdiri dari total 16 jenis tipe kepribadian MBTI sebagai berikut:

  1. Kelompok Analis
    Kelompok Analis terdiri dari mereka yang pemikir dan suka menganalisa segala sesuatu. Kelompok ini biasanya memiliki rasa ingin tahu yang besar dan cenderung mengandalkan logika dan kemampuan intelektual mereka dalam segala hal. Macam-macam tipe kepribadian yang termasuk kelompok ini adalah:
    INTJ-A/INTJ-T (Arsitek)
    INTP-A/INTP-T (Ahli Logika)
    ENTJ-A/ENTJ-T (Komandan)
    ENTP-A/ENTP-T (Pendebat)
  2. Kelompok Diplomat
    Kelompok Diplomat adalah mereka yang mendasarkan segala sesuatu pada kemanusiaan dan lingkungan sosial. Mereka mempunyai nilai atau value yang tinggi terhadap kebaikan, kreatif, serta menginspirasi sekitarnya. Macam-macam tipe kepribadian yang termasuk kelompok ini adalah:
    INFJ-A/INFJ-T (Advokat)
    INFP-A-INFP-T (Mediator)
    ENFJ-A/ENFJ-T (Protagonis)
    ENFP-A/ENFP-T (Juru Kampanye)
  3. Kelompok Pengawal
    Kelompok Pengawal merupakan orang-orang yang berdedikasi, praktis, pintar mengelola, serta peduli dengan kehidupan sosial. Macam-macam tipe kepribadian yang termasuk kelompok ini adalah:
    ISTJ-A/ISTJ-T (Ahli Logistik)
    ISFJ-A/ISFJ-T (Pembela)
    ESTJ-A/ESTJ-T (Eksekutif)
    ESFJ-A/ESFJ-T (Konsultan)
  4. Kelompok Penjelajah
    Kelompok Penjelajah diisi oleh orang-orang pemberani, suka berpetualang, dan populer. Mereka bisa dibilang selalu siap dengan petualangan baru dan menyukai tantangan, serta tidak menyukai kebosanan. Macam-macam tipe kepribadian yang termasuk kelompok ini adalah:
    ISTP-A/ISTP-T (Virtuoso)
    ISFP-A/ISFP-T (Petualang)
    ESTP-A/ESTP-T (Pengusaha)
    ESFP-A/ESFP-T (Penghibur)

    Demikianlah mengenai MBTI dan sedikit pembahasan mengenai beberapa tipe kepribadiannya. Kalau kamu penasaran, kamu bisa mengetes kepribadian kamu sendiri melalui situs resmi MBTI di alamat https://www.16personalities.com/free-personality-test dan membaca penjelasan yang lebih detail mengenai masing-masing tipe kepribadian di sana. Selamat mencoba! Jangan lupa cek blog Guru Ahli untuk berbagai informasi dan fakta menarik lainnya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *