preloader

Cari Program Beasiswa? Kamu Bisa Coba Beasiswa Teladan Tanoto Foundation 2023!

Menempuh pendidikan di universitas tidak jarang diliputi dengan kendala biaya, namun hal itu tidak akan jadi masalah jika mengikuti program beasiswa. Beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Biasanya beasiswa dibagi menjadi dua jenis yaitu beasiswa penuh yang membiayai seluruh perkuliahan hingga lulus, dan beasiswa sebagian yang memberikan subsidi yang meringankan biaya perkuliahan. Ada banyak juga program beasiswa yang beredar, entah yang berasal dari pemerintah maupun instansi swasta.

Jika kamu sedang mencari program beasiswa untuk meringankan biaya kuliah, ada satu program beasiswa yang sedang membuka pendaftaran bulan ini: Beasiswa Teladan Tanoto Foundation 2023!

Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi swasta yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981. Organisasi yang telah bergerak kurang lebih selama 41 tahun ini telah membantu banyak pelajar di Indonesia untuk berkuliah secara gratis. Tahun ini pun Tanoto Foundation membuka pendaftaran beasiswa untuk tahun pendidikan 2023 mendatang dengan jadwal sebagai berikut:

  • Pendaftaran​​​​​: 15 Juli – 31 Agustus 2022
  • ​Pengumuman hasil seleksi administrasi: 10 – 16 September 2022
  • Seleksi tahap 1 (Online Assessment 1)​: 19 – 23 September 2022
  • Pengumuman hasil tahap 1​​​: 10 – 14 Oktober 2022
  • ​Seleksi tahap 2 (Online Assessment 2)​: 19 – 21 Oktober 2022
  • ​Pengumuman hasil tahap 2​​​: 3 – 9 November 2022
  • Seleksi tahap 3 (Wawancara)​​​: 21 November – 9 Desember 2022
  • Pengumuman Mahasiswa Terpilih​​: Januari 2023

Ayo buruan daftar Sobat Cerdas, pendaftarannya dibuka hanya sampai akhir bulan Agustus ini saja lho! Kamu masih punya waktu kurang lebih seminggu untuk menyiapkan berkas pendaftaran. Tapi sebelum itu, perhatikan juga syarat pendaftaran di bawah ini:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program Teladan
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik (minimum nilai rata-rata rapor kelas 12 SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10)
  4. Memiliki prestasi non-akademik, pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya
  5. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa
  6. Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah
  7. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial dari pemerintah maupun lembaga lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program Teladan
  8. Mendaftarkan diri secara online pada website Tanoto Foundation

Seperti yang tertera di poin no. 2 persyaratan di atas, beasiswa ini hanya berlaku untuk universitas-universitas tertentu yang sudah bekerja sama yaitu: Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara. Jika kamu bukan termasuk mahasiswa di universitas-universitas tersebut, jangan sedih karena kamu bisa mencoba kesempatan di tahun selanjutnya agar bisa lulus SNMPTN/SBMPTN 2023 dan mengikuti seleksi program beasiswa ini untuk tahun pelajaran mendatang!

Belajar bareng Guru Ahli di Virtual Bootcamp SBMPTN 2023 yuk agar lebih siap menghadapi ujian nanti! Info lebih lanjut kunjungi Instagram @guruahliofficial, ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *