preloader

Nyamuk Suka Bau Badan Manusia?

Pernah gak sih kamu ngerasa aneh saat ramai – ramai berkumpul dengan teman, tapi hanya kamu yang dikerubutin nyamuk?

Terus ada temen kamu yang bilang “Kamu pasti belom mandi” itu bener banget.

Ketahuilah, bahwa nyamuk memiliki “selera” tertentu terhadap mangsa pilihannya. University Herald pernah melansir artikel alasan seseorang menjadi targer utama nyamuk.

Cameron Webb, dosen klinis dari University of Sydney, juga mengatakan ada dua faktor utama yang membuat sesorang menjadi incaran nyamuk, yaitu cara bernapas dan bau badan.

Dilansir detikINET dari News.com.au, Senin (17/2/2020) jika seseorang menghembuskan volume karbondioksida dalam jumlah besar, kemungkinan orang tersebut akan menjadi target gigitan nyamuk. Bahkan karbondioksida sering digunakan untuk memancing dan mengumpulkan nyamuk.

Nyamuk memiliki kemampuan untuk melacak target dengan mencium karbondioksida yang berasal dari napas manusia, bahkan dari kejauhan 50 meter. Orang yang mengeluarkan banyak karbondioksida akan lebih sering digigit nyamuk, biasanya adalah orang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar. (yesdok.com)

Nyamuk juga biasanya melacak mangsa dengan mencium asam laktat, asama urat, amoniak, dan substnasi lain yang biasa dikeluarkan melalui keringat.

Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang memiliki banyak jenis bakteri pada kulitnya, akan menyebabkan mereka menjadi lebih menarik bagi nyamuk. Hal inilah yang membuat nyamuk lebih sering menghisap darah di bagian lutut atau kaki, karena secara alami, daerah tersebut merupakan daerah yang memiliki lebih banyak bakteri. Selain itu, bakteri juga akan menimbulkan suatu bau yang disukai oleh nyamuk, sehingga nyamuk tertarik untuk mengigit.

Nah, sekarang jadi tahukan?

Baca artikel lainnya di guruahli.id yaa

Source : yesdok.com & detikinet

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *