preloader

Hari Kebangkitan Teknologi

Di zaman modern ini, dengan adanya teknologi-teknologi telah membantu kita untuk hidup lebih nyaman dan tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih, selayaknya kita pun mempergunakan itu dengan lebih bijak. Sebagai contoh, adanya keberadaan trotoar yang menggantikan jalan setapak, membuat orang lebih mudah mengendarai kendaraan. Situasi perbedaan zaman inilah yang sering tidak disadari orang-orang dan menciptakan kemalasan. Justru seharusnya perkembangan teknologi dapat membuat kita lebih rajin dan bisa mengerjakan pekerjaan menjadi lebih efisien.

Masih perlukah kita sekarang dengan penjual es batu ketika di zaman sekarang sudah ada kulkas? Masih pentingkah kapal ferry ketika jembatan sudah ada dimana-mana? Apa kabar penjual ensiklopedia ketika google sudah ada dan setia pada kita? Apa yang telah terjadi dengan wartel (warung telepon) yang dulunya menyediakan jasa telepon genggam seluler di setiap bilik kini tidak lagi terlihat karena sudah adanya handphone wireless yang tidak memerlukan kabel lagi dan bisa dibawa kemana-mana. Malah sudah berubah kebutuhan menjadi barang primer yang pada awalnya merupakan barang mewah maupun sekunder.

Jadi tidak ada pilihan untuk berubah. Itu harus kita sadari dan yakin bahwa teknologi itu kunci. Ketika kita tidak mengikuti teknologi, kita akan tergerus, kita akan hanyut dan ditinggalkan. Tidak hanya hal itu, ketika kita sudah menguasai satu teknologi katakanlah 1 aplikasi, akan ada aplikasi lain / teknologi baru yang akan mucul dan jika tidak mengikutinya, kita akan tertinggal. Berarti sesungguhnya yang kita butuhkan bukan kemampuan teknisnya, tetapi sebenarnya yang kita butuhkan untuk bertahan di masa sekarang ini adalah kesabaran dan kemauan untuk belajar hal baru. Kemampuan dan kemauan untuk belajar seumur hidup itu penting. Itu yang harus kamu terapkan agar bisa menjalani hidup dan terus relevan kapanpun dan dimanapun.

Pada tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Kebangkitan teknologi. Kiranya di era teknologi informasi seperti sekarang kita lebih bijak mempergunakannya. Kita wajib untuk mencari tahu terlebih dahulu kebenaran informasi yang beredar di sosial media agar tidak menyesatkan kita maupun orang lain. Persiapkan masa depan dengan pengetahuan yang cukup. Jangan mudah tergiur dan silau dengan keberhasilan orang lain.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *