preloader

HUT ke-77 RI !

MERDEKA !

Memang manis gula-gula. Begitu juga negeri kita tercinta. Banyak suku dan budaya. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010. Ada suku Jawa, Sumatera, Makassar Bugis, Bali, Aceh, Dayak, Baduy, Ambon, Tengger, Sasak, Sumbawa, Flores, Toraja, Mandar sampai Papua. Beragam suku dan tradisi unik di Indonesia yang akan membuatmu berdecak kagum, bergidik ngeri dan penasaran.

Semuanya ada di Indonesia ini dengan hidup rukun dan damai. Beragam keyakinan umat agamanya, ada Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Setiap suku memiliki adat dan norma yang berbeda-berbeda. Meski demikian, keberagaman tersebut tidak membuat bangsa terpecah-pecah, sebaliknya keberagaman menyatu untuk mencapai tujuan masyarakat yang adil dan makmur. Semuanya ada di sini, bersatu di Bhineka Tunggal Ika yaitu Indonesia negara kita tercinta. Kita semua wajib menjaganya. Jangan sampai kita terpecah belah oleh pihak lain. Pancasila dasar negara kita dengan UUD tahun 1945. Janganlah kita sampai diadu domba oleh bangsa lainnya.

Marilah kita kobarkan semangat untuk menjaga persatuan Indonesia. Kiranya semangat perjuangan para pahlawan selalu terjaga dan terkenang. Kemerdekaan adalah ajang membangun bangsa. Semoga Indonesia makin maju, makin kuat dan semakin sejahtera rakyatnya. Juga kita bisa lekas bebas dari pandemi Covid-19, kesejahteraan dan kedamaian selalu menyertai masyarakat Indonesia. Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Teruslah berkarya dan menjadi kebanggaan Tanah Air ya sobat cerdas. Merdeka!

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, mari kita bersama membangun Indonesia.

Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat!

Dirgahayu Republik Indonesia!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *