preloader

Perbedaan Buah dan Sayur

Siapa nih yang masih bingung sebenarnya tomat, timun, cabai, dan bahan makan lainnya itu buah atau sayur?

Nah, sebelum kita mengidentifikasi apakah suatu bahan makanan adalah buah atau sayur, kita harus memahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan buah dan apa yang dimaksud dengan sayur.

Jadi, menurut Pauline Ladiges, seorang profesor di sekolah botani di The University of Melbourne, Australia, mengatakan kepada ABC, sebuah kantor berita di Australia, bahwa ada perbedaan yang jelas antara sayur dan buah berdasarkan ilmu pengetahuan mengenai tumbuh – tumbuhan (botani).

Berdasarkan strukturnya, buah berasal dari tanaman berbiji yang berkembang setelah penyerbukan. Proses penyerbukan terjadi ketika serbuk sari jatuh dan menempel pada kepala putik. Kemudian, akan terbentuk benih buah di dalam ovarium yang seiring waktu akan membengkak dan matang menjadi bakal buah.

Buah – buahan biasanya memiliki daging buah dan berwarna menarik. Selain itu, buah adalah hasil tanaman yang mengandung benih dari tanaman itu sendiri.

Sedangkan, sayur adalah bagian yang tidak berbunga atau berbiji, seperti daun – daunan, tumbuh – tumbuhan, polong atau bijian, dan sebagainnya yang dapat dimasak.

Nah, sekarang jadi tahukan?

Baca artikel lainnya di guruahli.id yaa

Source : hellosehat

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *